bank umum


BI Menggandeng Bank Sentral UAE Perangi Pencucian Uang

Standard Post with Image

 

Bprnews.id - Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Uni Emirat Arab (CBUAE) telah mengambil langkah maju meneken kerja sama dalam berbagai sektor di kedua bank sentral, termasuk memerangi pencucian uang.

Pada tanggal 29 November 2023, Nota Kesepahaman (MoU) ditandatangani oleh gubernur kedua bank sentral, Perry Warjiyo dari BI dan Khaled Mohamed Balama dari CBUAE, yang menandakan upaya bersama untuk berkolaborasi di berbagai sektor dalam dunia perbankan.

Melalui Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani pada tahun 2023 antara dua bank sentral penting menjadi sangat penting. Kolaborasi ini merupakan bukti visi masa depan, dimana kedua institusi berjanji untuk memperkuat kemitraan mereka di bawah kerangka yang terstruktur dan sistematis.

Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Uni Emirat Arab (CBUAE) ini tidak hanya menetapkan kerangka kerja untuk memerangi aliran keuangan gelap namun juga menyelaraskan kedua lembaga tersebut dengan pedoman ketat yang ditetapkan oleh Satuan Tugas Aksi Keuangan (FATF).

Gubernur BI Perry Warjiyo memuji MoU ini sebagai landasan dalam memperkuat hubungan antara BI dan CBUAE, dan lebih jauh lagi, Indonesia dan Uni Emirat Arab.

"Perluasan kerja sama menegaskan kemitraan kedua bank sentral yang semakin solid. Nota Kesepahaman ini juga membuktikan kontribusi kedua bank sentral dalam memerangi kegiatan pencucian uang dan pendanaan terorisme, serta memenuhi rekomendasi FATF," sebagaimana disebutkan dalam keterangan resmi dikutip Senin, (4/12/2023).

Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia, menyoroti potensi besar dari kemitraan yang diperkuat antara bank-bank sentral dalam mendorong kesejahteraan ekonomi bagi kedua negara yang terlibat.

Pernyataan penting ini disampaikan setelah pertemuan bersejarah antara Presiden Joko Widodo dari Republik Indonesia dan Presiden Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan dari Uni Emirat Arab.

Pertemuan yang berlangsung pada 1 Desember 2023 di tengah kemegahan COP 28 di Dubai ini menandai tonggak sejarah penting dalam hubungan bilateral negara-negara tersebut.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News