UMKM


BRI Dorong Pengembangan Usaha Kreatif Melalui "Klasterkuhidupku" di Makassar

Standard Post with Image

Bprnews.id - Dalam upaya mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus menggerakkan program Klasterkuhidupku. Salah satu contoh sukses dari program ini adalah Klaster Usaha Rumah Anyamandiri di Makassar, yang berhasil mengubah eceng gondok dari hama menjadi produk kerajinan bernilai tinggi.

Dipimpin oleh Elsa Padidi, Klaster ini mampu menggerakkan masyarakat sekitar di Jalan Poros Telkomas, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan, untuk berpartisipasi dalam usaha kriya yang bernilai ekonomi tinggi.

Menurut Elsa, ide untuk memanfaatkan eceng gondok sebagai bahan baku kerajinan muncul dari keprihatinannya melihat tanaman ini melimpah dan sering dianggap sebagai hama. Dengan kerja keras dan semangat berbisnis, Elsa berhasil mengubah pandangan tersebut, menjadikan eceng gondok sebagai bahan baku yang bernilai.

"Rumah Anyamandiri menggambarkan semangat untuk mandiri, dan melalui kerajinan tangan kami, kami ingin mengubah pandangan tentang eceng gondok menjadi sesuatu yang indah dan bernilai," ujar Elsa.

Berawal dari pelatihan dan dukungan dari PKK Kecamatan Biringkanaya Makassar, Klaster Usaha Rumah Anyamandiri kemudian bergabung dalam Program Klasterkuhidupku dari BRI pada tahun 2019. Dukungan tidak hanya berupa modal usaha, namun juga fasilitas renovasi dan pemasaran produk melalui platform seperti Localoka.

Kini, Klaster Usaha Rumah Anyamandiri telah sukses mengembangkan produk-produk kerajinan dari eceng gondok, seperti keranjang, tikar, tas, tempat sampah, dan lainnya. Produk-produk ini tidak hanya dikenal di Makassar, namun juga telah merambah ke pasar nasional bahkan internasional.

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari, menegaskan komitmen BRI dalam mendukung pengembangan UMKM melalui program Klasterkuhidupku. "Kisah sukses Rumah Anyamandiri menjadi inspirasi bagi UMKM lainnya. Kami akan terus memberikan dukungan dan pelatihan agar UMKM dapat tumbuh dan berkembang," ujarnya.

Dengan kerja keras, kreativitas, dan dukungan dari lembaga seperti BRI, UMKM seperti Rumah Anyamandiri membuktikan bahwa potensi lokal dapat menjadi kekuatan ekonomi yang menguntungkan masyarakat.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News