UMKM


BRI Dorong UMKM Indonesia Go Global Melalui Berbagai Inisiatif Strategis

Standard Post with Image

BPRNews.id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM agar bisa bersaing di pasar internasional. Salah satu langkah nyata yang dilakukan BRI adalah melalui perwakilan Bank di Arab Saudi. BRI menampilkan produk dari lima UMKM binaan alumni program BrilianPreneur, yaitu Restu Mande, Arva, Matoh, Havilla Tea, dan Muniru Coffee di pameran "Amazing Indonesia" yang berlangsung pada 26-28 September 2024 di Hotel Al Mutlaq, Jeddah.

Acara tersebut diselenggarakan oleh KJRI Jeddah bekerja sama dengan ITPC Jeddah. Sebanyak 26 peserta berpartisipasi dalam acara ini, termasuk 8 perusahaan Arab Saudi yang mengimpor produk Indonesia, serta berbagai pihak dari Indonesia seperti BPKH Limited, Koperasi Amphura, Direktorat Jenderal Imigrasi, dan dua bank nasional yaitu BRI dan BSI. 

Selama pameran, beberapa calon pembeli potensial, seperti artisan coffee house dan asosiasi hotel di Arab Saudi, mengunjungi booth BRI. Partisipasi BRI dalam acara ini merupakan bagian dari program "Road to BRI UMKM EXPO(RT) 2025", yang sebelumnya dikenal dengan nama "UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR". 

Perubahan nama program ini bertujuan memperkuat posisi BRI sebagai bank yang konsisten mendukung UMKM. BRI juga mengadakan BRI MICROFINANCE OUTLOOK bersamaan dengan acara UMKM EXPO(RT) 2025. Bank BRI memiliki perwakilan di luar negeri yang aktif bekerja sama dengan KJRI dan ITPC untuk memperluas jaringan bisnis UMKM dan meningkatkan reputasi produk lokal Indonesia di pasar global.

Direktur Commercial, Small, and Medium Business BRI, Amam Sukriyanto, menyatakan bahwa BRI UMKM EXPO(RT) adalah bentuk nyata dukungan BRI terhadap UMKM agar siap bersaing secara global. "BRI UMKM EXPO(RT) menjadi momentum strategis bagi UMKM baik yang sekarang sudah bermitra dengan BRI maupun yang baru berminat untuk bergabung memperluas jangkauan pasar mereka dan mempertemukan mereka dengan potential buyer internasional. BRI terus berkomitmen untuk terus memajukan UMKM, baik dari sisi pemberian pembiayaan, pendampingan bisnis, program pemberdayaan hingga bagaimana mengakses pasar yang lebih luas sampai ke pasar global," ujarnya.

Diharapkan berbagai kegiatan ini akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas UMKM Indonesia, serta memperluas penjualan mereka. Selain itu, upaya ini juga berfokus pada pemberdayaan finansial dan peningkatan literasi keuangan masyarakat, yang akan mendukung terciptanya ekonomi yang lebih inklusif dan maju.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News