bank umum


BRI Tingkatkan Portofolio Pembiayaan UMKM

Standard Post with Image

Bprnews.id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus meningkatkan portofolio pembiayaan kepada segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai upaya memperkuat ketahanan ekonomi nasional. Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com pada Rabu (7/2/2024), Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan bahwa hingga Desember 2023, portofolio kredit UMKM BRI mencapai Rp 1.068,7 triliun, tumbuh 10,7 persen secara tahunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Dalam jangka waktu satu tahun, BRI tercatat mengucurkan kredit baru kepada UMKM sebesar Rp 103,4 triliun," ujar Catur.

Pertumbuhan kredit UMKM BRI tersebut lebih tinggi daripada pertumbuhan kredit UMKM di industri perbankan nasional secara keseluruhan, yang mencapai 7,9 persen pada 2023. Hal ini memperkuat posisi BRI sebagai bank yang memainkan peran penting dalam pemberdayaan UMKM, yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional.

"Perseroan akan terus mendorong porsi kredit UMKM mencapai 85 persen pada 2025 untuk mencapai visi ‘The Most Valuable Banking Group in South East Asia and Champion of Financial Inclusion’," kata Catur.

BRI juga menjalankan berbagai program pemberdayaan UMKM, termasuk program Desa BRILiaN dan Rumah BUMN. Desa BRILiaN bertujuan untuk mengembangkan peran desa sebagai pusat perekonomian lokal, sementara Rumah BUMN menyediakan layanan literasi dan inkubasi bisnis untuk UMKM. Program-program ini telah berhasil meningkatkan jumlah UMKM yang terdaftar dan jumlah pelatihan yang diselenggarakan.

Selain itu, BRI juga mendorong UMKM untuk go global melalui program UMKM Expo(RT) Brilianpreneur. Pada UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2023, UMKM binaan BRI berhasil mencatatkan nilai penjualan business matching senilai 81,3 juta dollar AS, melampaui target yang telah ditetapkan.

"Dengan peran pemberdayaan bagi UMKM, BRI berkontribusi pada penggerak ekonomi nasional dan memperkuat posisinya sebagai bank yang tidak hanya bertindak sebagai financial intermediary, tetapi juga sebagai agen pemberdayaan bagi UMKM," tambah Catur.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News