UMKM


Bamsoet Dukung Penguatan UMKM Kebumen Melalui Kerja Sama dengan Mexolie Hotel

Standard Post with Image

Bprnews.id - Kebumen, Jumat (9/2/2024) - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, memberikan dukungannya terhadap penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kebumen. Salah satu langkahnya adalah melalui kerja sama antara Mexolie Hotel Kebumen dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Kebumen, yang akan menyediakan tempat bagi para pelaku UMKM untuk menjual produknya di hotel tersebut.

"Dukungan ini juga merupakan bentuk apresiasi atas langkah Ketua HIPMI Kebumen, Herwin Kunadi, yang membentuk Pengurus HIPMI Perguruan Tinggi (PT) untuk menumbuhkan wirausahawan muda dari kalangan mahasiswa, serta melatih kemandirian dan menjadi wadah bagi mereka yang ingin terjun di dunia bisnis," jelas Bamsoet dalam keterangannya.

"HIPMI melahirkan pengusaha dan produk berkualitas, Mexolie Hotel Kebumen membantu memasarkannya," tambahnya.

Bamsoet juga menggarisbawahi kontribusi sektor UMKM yang mencapai lebih dari 61 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap sekitar 97 persen tenaga kerja. Di era pertumbuhan ekonomi digital, pemberdayaan UMKM juga harus menyentuh kebijakan pembangunan literasi digital.

Sejalan dengan hal tersebut, Bamsoet menambahkan bahwa HIPMI di tingkat nasional telah meluncurkan program Akademi UMKM.

"Hadirnya HIPMI Perguruan Tinggi yang diisi oleh mahasiswa sebagai kalangan muda intelektual diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan literasi digital UMKM," paparnya.

Bamsoet menyoroti rendahnya tingkat penetrasi internet di kalangan UMKM, dengan hanya sekitar 32,4 persen dari sekitar 64 juta pelaku UMKM yang terhubung dengan ekosistem digital.

Untuk mengatasi hal ini, Bamsoet mengungkapkan bahwa Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Kewirausahaan Nasional telah menargetkan percepatan pencapaian kewirausahaan mencapai 3,95 persen pada akhir tahun 2024.

 

"Melalui sinergi dan kolaborasi, HIPMI dapat berkontribusi sehingga kita dapat melampaui target yang ditetapkan tersebut," pungkasnya.

Rencana kerja sama antara HIPMI Kebumen dan Mexolie Hotel ini diungkapkan dalam pertemuan mereka dengan Bamsoet pada kunjungan ke-23 di Dapil-7 Jawa Tengah. Turut hadir dalam pertemuan tersebut General Manager Mexolie Hotel Setiawan Hadi Saputro, Ketua BPC HIPMI Kebumen Herwin Kunadi, serta beberapa perwakilan HIPMI dari berbagai perguruan tinggi di Kebumen.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News