bank umum


Bank IBK Indonesia (AGRS) Gelar Right Issue 11,7 Miliar Lembar Saham

Standard Post with Image

Bprnews.id - PT Bank IBK Indonesia Tbk. (AGRS), bank yang merupakan hasil kerjasama dengan investor Korea Selatan, berencana untuk melakukan penambahan modal melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau right issue sebanyak 11,7 miliar lembar saham. Right issue ini diharapkan dapat memperkuat modal Bank IBK Indonesia.

Bank IBK Indonesia berencana mengeluarkan 11,7 miliar lembar saham baru dengan nilai nominal Rp100 per saham. Jumlah saham yang akan diterbitkan akan ditentukan berdasarkan kebutuhan dana perseroan dan harga pelaksanaan saat Penawaran Umum Terbatas VI.

Sebelum right issue dilaksanakan, Bank IBK Indonesia akan mengajukan permintaan persetujuan kepada para pemegang saham melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang dijadwalkan pada 13 Februari 2024.

"Dengan adanya peningkatan modal, struktur permodalan perseroan akan menjadi lebih baik dan perseroan akan memiliki pendanaan yang cukup untuk menjalankan strategi usahanya," tulis Manajemen Bank IBK Indonesia di keterbukaan informasi pada Jumat (5/1/2024).

Dana yang diperoleh dari right issue akan digunakan untuk keperluan modal kerja perseroan. Peningkatan modal diharapkan dapat memperkuat struktur permodalan perseroan dan memberikan cukup pendanaan untuk menjalankan strategi bisnisnya.

Dengan dilaksanakannya right issue, saham yang dikeluarkan perseroan dapat mengalami dilusi hingga maksimal 23,65%.

Berdasarkan data per 30 November 2023, pemegang saham pengendali, yaitu Industrial Bank of Korea, memiliki kepemilikan saham sebesar 93,24%. Sedangkan, porsi saham publik atau free float hanya mencapai 6,71%.

Bank IBK Indonesia telah mencatatkan pertumbuhan laba yang signifikan hingga kuartal III/2023, yaitu sebesar 120,98% secara tahunan (year-on-year), mencapai Rp154,91 miliar.

Right issue ini menjadi strategi perusahaan untuk memperoleh tambahan modal yang dapat mendukung ekspansi dan kegiatan operasionalnya.

Dengan meningkatnya modal, diharapkan Bank IBK Indonesia dapat menghadapi tantangan bisnis dengan lebih baik dan mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan.

 

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News