bank umum


Bank Mandiri dan BRI Catatkan Rekor Laba Tertinggi di Industri Perbankan Indonesia

Standard Post with Image

Bprnews.id - Dua bank terbesar di Indonesia, Bank Mandiri dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), berhasil mencatatkan rekor laba tertinggi di industri perbankan Tanah Air. Total laba bersih dari kedua bank tersebut saja sudah mencapai Rp 115,5 triliun. Aset keduanya juga mengesankan, dengan total nilai mencapai lebih dari Rp 4.139 triliun. Bank Mandiri memiliki aset sebesar Rp 2.174,2 triliun, sementara Bank BRI memiliki aset sebesar Rp 1.965 triliun pada tahun 2023.

"Kami bangga dan optimis, Bank Mandiri dan BRI mampu tumbuh dan memberi kontribusi yang positif untuk Indonesia," kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Karena capaian ini, saham Bank Mandiri (BMRI) dan BRI (BBRI) menjadi sasaran empuk bagi investor asing maupun lokal. Harga saham BMRI sempat menyentuh Rp 7.200 per saham, sedangkan harga saham BBRI mencapai Rp 5.975 per saham pada Senin (12/2/2024), mencatat rekor tertinggi sepanjang sejarah.

Kapitalisasi pasar kedua bank BUMN ini mencapai Rp 1.577,56 triliun, yang otomatis masuk dalam top 10 bank terbesar se-Asia. Kedua bank ini juga langganan penyumbang dividen BUMN terbesar di Indonesia, dengan total dividen ke negara mencapai Rp 36,07 triliun tahun lalu.

"Dari berbagai tantangan yang ada di awal tahun 2024, kondisi ekonomi Indonesia masih memiliki potensi yang besar," tambah Kartika.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News