bank umum


Bank Ramai Ramai Revisi Target Laba di 2024, OJK Bilang Begini

Standard Post with Image

BPRNews.id Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan bahwa beberapa bank telah menurunkan target laba mereka untuk tahun 2024. Penurunan ini terjadi karena sejumlah bank hanya mencatat pertumbuhan laba satu digit hingga semester pertama 2024, yang didorong oleh penurunan net interest margin (NIM) dari 4,8 persen pada bulan sebelumnya menjadi 4,57 persen.

Kepala Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, menjelaskan bahwa revisi target laba ini juga disebabkan oleh kondisi suku bunga global yang masih tinggi. Sementara itu, suku bunga kredit tetap stabil, sedangkan suku bunga dana pihak ketiga (DPK) mengalami kenaikan. Meskipun begitu, Dian menyatakan bahwa menurut rencana bisnis bank (RBB), NIM pada akhir tahun 2024 diproyeksikan akan tetap stabil dibandingkan dengan NIM pada semester pertama 2024. "Hal ini terlihat dari capaian realisasi laba perbankan pada Juni 2024 yang lebih baik dibandingkan proyeksi pada awal tahun," kata Dian dalam jawaban tertulis yang dikutip pada Senin, 12 Agustus 2024.

Dian juga berharap bahwa kinerja perbankan akan tetap terjaga dengan baik di tahun 2024, meskipun mungkin tidak setinggi tahun lalu. "Dengan optimisme bahwa penyaluran kredit perbankan di 2024 masih cukup tinggi dengan pencapaian double digit, pertumbuhan kinerja perbankan pada tahun 2024 diharapkan tetap terjaga baik meskipun mungkin tidak setinggi tahun lalu," ujarnya.

Pada semester pertama 2024, kinerja industri perbankan sebagian besar didukung oleh kredit korporasi yang tumbuh positif. Ini sejalan dengan pemulihan ekonomi pasca pandemi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tetap stabil di kisaran 5 persen. Dian menyebutkan, "Hal ini memberikan sinyal yang positif bagi dunia usaha untuk kembali melakukan ekspansi bisnis dan aktivitas operasional."

Selain itu, tingginya suku bunga global yang disertai fluktuasi nilai tukar menyebabkan korporasi domestik lebih memilih pembiayaan dari perbankan domestik dengan suku bunga kredit yang cenderung stabil. "Sejalan dengan hal tersebut, perbankan optimis akan pencapaian target pertumbuhan kredit perbankan di akhir tahun 2024," tegasnya.

Dian juga menyampaikan bahwa berdasarkan hasil revisi RBB 2024-2026, sebagian besar bank secara umum merevisi ke atas target kredit dan dana pihak ketiga (DPK) pada akhir 2024, sesuai dengan proyeksi OJK

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News