bank umum


Direktur Utama Allianz Syariah Buka Suara Pasal Perusahaannya yang Pisah

Standard Post with Image

Bprnews.id - PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) telah resmi melakukan pemisahan diri atau spin-off dari Allianz Group dan telah beroperasi penuh sejak 1 November 2023.

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana, menyebutkan bahwa terdapat tiga faktor utama yang mendorong Allianz Group untuk fokus pada industri Syariah. Pertama, Allianz Indonesia beroperasi di negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

"Kita juga melihat halal lifestyle sedang trending up, semua hal ada halal lifestyle. Kami melihat di situ ada kebutuhan," kata kata Achmad dalam acara Peluncuran Allianz Life Syariah Indonesia di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta pada Kamis, 16 November 2023. 

Ia juga menyebut, faktor dukungan pemerintah menjadi faktor yang penting untuk meyakinkan Allianz Group fokus di industri syariah.

"Keseriusan government kita untuk meyakinkan dan memfasilitasi, sehingga ke depan suatu ketika Indonesia akan jadi pusat pertumbuhan ekonomi syariah dunia," ujar Achmad.

Menurutnya, jika Allianz group tidak berfokus mengembangkan asuransi syariah, maka ada peluang yang hilang dari binis komersial Allianz grup. Apalagi, Allianz berada dalam kondisi yang stabil.

"Allianz group juga punya misi yaitu protecting more Indonesian people. Pasar syariah tidak mungkin bisa memenuhi protecting more Indonesian people, kalau tidak digarap serius," kata Achmad.

Dalam hal perbedaan dengan perusahaan asuransi syariah lainnya, Achmad menyatakan bahwa terdapat tiga poin yang membedakan Allianz Syariah. Pertama, ia mencatat bahwa Allianz Syariah tidak hanya berfokus pada nasabah premium, tetapi melayani juga nasabah mikro, bahkan yang memiliki premi sekecil Rp 10.000.

"Kami layani sampai yang mikro. Kami layani, bahkan yang preminya hanya Rp 10.000," kata Achmad.

Kedua, menurut Achmad, Allianz Syariah memiliki standar yang tinggi dan tidak mengambil keputusan secara asal-asalan. Selain itu, Allianz memberikan kepastian bahwa perusahaan asuransi syariah ini akan tetap eksis dalam 20 atau 30 tahun ke depan.

"Kita enggak bicara 2 sampai bulan dapat benefit kalau asuransi. Dua puluh tahun yakin enggak perusahaan ini masih ada? Allianz Syariah sudah berumur lebih 100 tahun dan melewati perang dunia pertama dan kedua," ucap Achmad.

Per kuartal III tahun 2023, Allianz Syariah sudah melindungi lebih dari 120.000 peserta individu dan 9 juta peserta mikro mempercayakan Allianz Syariah untuk perlindungan jiwa dan kesehatannya.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News