UMKM


Dukungan Bank BJB untuk UMKM Melalui Program PNM Mekaar

Standard Post with Image

BPRNews.id - Bank BJB terus berkomitmen mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar bisa naik kelas, khususnya di Jawa Barat dan Banten. Salah satu bentuk dukungan ini diwujudkan melalui kolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam program PNM Mekaar, yang fokus pada pembiayaan dan pemberdayaan perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro.

“Melalui fokus pada pembiayaan dan pemberdayaan perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro,” kata Widi Hartoto, Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB. Dukungan ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha kecil untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka.

Per 30 Juni 2024, Bank BJB telah menyalurkan kredit sebesar Rp5,30 triliun untuk program PNM Mekaar di wilayah Jawa Barat dan Banten, yang mencakup sekitar 23,17% dari total portofolio Mekaar nasional. Program ini memberikan pinjaman tanpa memerlukan agunan fisik dan dilakukan secara berkelompok, dengan tujuan membantu perempuan prasejahtera untuk meningkatkan kondisi ekonomi mereka.

Widi menjelaskan bahwa PNM Mekaar ditujukan bagi perempuan dari keluarga prasejahtera dengan pendapatan per kapita maksimal USD 1,99 per hari, atau sekitar Rp800 ribu per bulan. Program ini juga menuntut adanya pertemuan kelompok mingguan (PKM), di mana anggota kelompok dapat membangun jejaring sosial dan mendapatkan dukungan moral serta teknis.

Sejak diluncurkan pada tahun 2015, PNM Mekaar terus berkembang dan kini telah memiliki 15,2 juta nasabah. Bank BJB berperan sebagai kreditur utama program ini sejak kuartal ketiga 2021. Bank BJB juga mendukung kegiatan edukasi yang dilakukan PNM, dan terus memperluas dukungan di berbagai daerah, termasuk melalui pengembangan PNM Mekaar Syariah di wilayah seperti Aceh, Padang, dan Nusa Tenggara Barat.

Dengan dukungan dari Bank BJB, diharapkan lebih banyak perempuan prasejahtera yang dapat terjangkau oleh program ini, sehingga mereka dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News