UMKM


Dukungan PT Bank Syariah Indonesia bagi UMKM untuk Go Global

Standard Post with Image

BPRNews.id - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara terus-menerus mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia untuk meraih pasar internasional. Baru-baru ini, BSI memberangkatkan lima UMKM binaan untuk mengikuti Festival Amazing Indonesia 2024 di Jeddah, Arab Saudi, yang berlangsung dari 26 hingga 28 September 2024.

Kelima UMKM yang diberangkatkan adalah :

1. Mocafine : Penyedia produk sehat gluten free.

2. Ulunowih Gayo Coffee : Produsen kopi specialty asal Aceh.

3. Sweet Sundae : UMKM es krim dari Yogyakarta.

4. Inabee Mukena : Pembuat mukena premium.

5. NRA : Usaha travel umrah dan haji.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, menjelaskan bahwa para UMKM ini telah melalui proses seleksi yang ketat. Proses tersebut melibatkan penilaian terhadap keunikan produk, kualitas internasional, kemampuan produksi, dan kesesuaian dengan pasar di Arab Saudi.

“Kelima UMKM ini diharapkan bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi UMKM-UMKM binaan BSI lainnya untuk bisa terus naik kelas dan go global. BSI sendiri terus mengupayakan agar semakin banyak UMKM kita yang mampu bersaing di pasar global, khususnya di pasar Timur Tengah, seperti UEA dan Arab Saudi,,” ujar Hery.

Hery menambahkan bahwa BSI berusaha mendorong UMKM untuk meningkatkan kualitas dari berbagai aspek, termasuk prospek usaha, pemasaran, permodalan, dan akses pasar.

Hingga Agustus 2024, pembiayaan UMKM di BSI telah mencapai Rp46,259 triliun, tumbuh 24,7% dibandingkan tahun lalu, dengan lebih dari 42.000 nasabah UMKM. BSI juga menyediakan berbagai kesempatan bagi UMKM untuk masuk ke pasar global melalui business matching dan partisipasi dalam event-event seperti BSI International Expo dan Festival Amazing Indonesia 2024 di Jeddah.

“Ada juga program Talenta Wirausaha BSI dan Aceh Muslimpreneur yang rutin BSI adakan setiap tahun untuk menjaring UMKM-UMKM potensial yang belum masuk ke dalam binaan BSI. Lewat kedua acara tersebut, BSI berharap ada UMKM-UMKM yang fresh dan memiliki uniqueness,” tambah Hery.

Strategi BSI untuk membantu UMKM naik kelas mencakup pelatihan dan pendampingan agar UMKM terbiasa melakukan presentasi saat business matching, serta meningkatkan kesadaran tentang UMKM dengan melibatkan mereka dalam berbagai event BSI dan kegiatan business matching, baik nasional maupun internasional.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News