bank umum


Fitch Afirmasi Peringkat Bank Jambi A dengan Outlook Stabil

Standard Post with Image

 BPRNews.id  - Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Bank Pembangunan Daerah Jambi (Bank Jambi) di ‘A(idn)’ dengan Outlook Stabil. Dalam keterangan resminya, Fitch menyatakan, “Peringkat Nasional ‘A’ menunjukkan ekspektasi tingkat risiko gagal bayar yang rendah relatif terhadap emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama.”

Peringkat ini mencerminkan pandangan Fitch terhadap kemungkinan dukungan luar biasa dari pemerintah Indonesia (BBB/Stabil), meskipun kemungkinan tersebut dianggap sangat terbatas. "Kami menilai bahwa kepentingan sistemik yang rendah mengurangi kemungkinan adanya dukungan dari pemerintah pusat,” jelas Fitch. Hal ini disebabkan oleh peran Bank Jambi yang penting bagi perekonomian provinsi Jambi, namun dengan jejak dan pangsa pasar yang terbatas secara nasional.

Bank Jambi, yang dimiliki 22% oleh pemerintah provinsi Jambi dan sisanya oleh pemerintah kota serta kabupaten di provinsi tersebut, memainkan peran penting di wilayah asalnya. Model bisnis bank ini difokuskan pada pemberian pinjaman kepada pegawai negeri dan bisnis lokal di provinsi Jambi, dengan sekitar 85% dari portofolio pinjamannya terkait dengan konsumen.

Meskipun memiliki kepentingan sistemik yang lebih rendah dibandingkan bank nasional besar, Fitch menilai kekuatan intrinsik Bank Jambi cukup kuat untuk mendukung peringkatnya. “Penilaian ini mencakup pangsa pasar nasional bank yang kecil, model bisnis yang sederhana, kualitas aset yang memadai, profitabilitas dan kapitalisasi yang memuaskan, serta profil pendanaan yang didominasi oleh deposito yang rentan terhadap variasi musiman dan risiko konsentrasi,” tulis Fitch. Rasio modal inti umum (common equity Tier 1) bank yang mencapai 37% pada akhir 2023 juga disebutkan lebih tinggi daripada rata-rata industri yang berada di angka 26%

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News