UMKM


Haru Suandharu Janjikan Berbagai Kemudahan untuk Pelaku UMKM di Kota Bandung

Standard Post with Image

BPRNews.id - Calon Wali Kota Bandung, Haru Suandharu, berjanji akan memberikan pendampingan dan kemudahan permodalan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal ini diharapkan tidak hanya untuk membantu pengembangan usaha, tetapi juga mencegah para pelaku UMKM terjebak dalam jeratan Bank Emok.

Pernyataan ini disampaikan saat Haru mengunjungi rumah produksi Cilok Denok di Jalan Mekarsari, Kiaracondong, Kota Bandung. Ia ingin melihat langsung proses produksi salah satu UMKM unggulan Kota Bandung tersebut serta mendengarkan aspirasi dan keluhan dari para pelaku usaha.

Menurut Haru, pemilik Cilok Denok telah menjalankan bisnisnya selama 12 tahun dan tentu telah menghadapi berbagai tantangan. "Sudah 12 tahun sejak merintis usaha. Sempat krisis juga dan sekarang sedang pemulihan," ungkapnya.

Salah satu masukan yang diterima Haru dari kunjungan tersebut adalah pentingnya dukungan permodalan bagi UMKM. Bantuan modal sangat diharapkan oleh para pelaku usaha untuk membantu pengembangan usaha, termasuk sebagai modal awal bagi usaha baru. "Kalau yang dibutuhkan pendampingan dan permodalan. Dua itu," jelas Haru.

Ia juga menegaskan komitmennya untuk mempermudah pelaku UMKM jika terpilih sebagai Wali Kota Bandung. "Jadi nanti yang memang membutuhkan pelatihan dari awal, kami juga siapkan. Yang butuh pengurusan perijinan kami siapkan juga. Yang permodalan kami siapkan juga. Tergantung dia nanti mau yang mana. Kalau mau konvensional kan bisa ada yang KUR kan. Kalau misalnya mau yang syariah, bagi hasil ya silahkan," tambahnya.

Haru menekankan bahwa skema-skema tersebut penting untuk mencegah pelaku UMKM terjerat Bank Emok, seperti yang pernah dialami oleh pemilik Cilok Denok. "Ibu (pemilik Cilok Denok.red) sudah punya pengalaman ke bank emok. Makanya nggak mau lagi. Karena sudah pernah jadi korban. Wah lelah kata beliau. UMKM lain jangan sampai nunggu kapok dulu. Jangan," ujarnya.

Selain itu, program-program lain yang mendukung kemudahan bagi UMKM, seperti pengurusan perizinan dan NIB, juga akan dipercepat untuk membantu meningkatkan usaha para pelaku UMKM.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News