REGULATOR


JiFest 2024 Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan di Indonesia

Standard Post with Image

BPRNews.id - Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pengawas Pelaku Jasa Keuangan OJK, menyatakan bahwa Jatim Inclusion Festival (JiFest) 2024 memiliki potensi besar untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. "Literasi keuangan kita kini meningkat dari 55 persen menjadi 65 persen," ungkap Friderica di Surabaya pada penutupan festival. Ia menambahkan bahwa target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RJPMN) 2045 adalah agar 98 persen masyarakat ter-inklusi.

Kegiatan seperti JiFest, menurutnya, merupakan kewajiban semua pihak sesuai dengan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK). "Ini harus dilakukan secara bersama-sama, termasuk jasa keuangan dan pemerintah daerah," jelasnya.

Festival ini juga melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang diharapkan dapat menggerakkan perekonomian lokal. "Tahun ini ada 20 stan di Surabaya, dan kami berharap acara ini dapat dilanjutkan di kota-kota lain secara rutin," tambah Friderica. Dia juga menargetkan agar 90 persen pelajar di Indonesia memiliki rekening bank dalam satu tahun ke depan, di mana saat ini sekitar 85 persen sudah memilikinya dengan total tabungan mencapai 53 triliun rupiah.

https://www.antaranews.com/berita/4395350/ojk-jifest-beri-dampak-ekonomi-hingga-tingkatkan-inklusi-keuangan

 

ojk
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News