bank umum


Kepulangan Simpanan yang Menenangkan: Kisah Nasabah BPR Karya Remaja Indramayu

Standard Post with Image

Bprnews.id - Seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil Sri Sunarti akhirnya menerima kembali simpanan yang pernah ia tempatkan di Bank Perekonomian Rakyat Karya Remaja Indramayu (BPR KRI) sebelumnya terpaksa menghentikan operasi dan pada akhirnya izin usahanya dicabut oleh otoritas terkait dan diambil alih oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Awalnya, deposito yang disimpan di BPR KRI sempat tidak bisa diambil waktu bank tersebut tutup.

"Saya sambil terus pantau segala pemberitaan di mana ada demo, dan banyak yang menangis juga karena mereka para nasabah belum dapat kejelasan," kata Sri dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (29/11/2023).

Bagi Sri Sunarti dan banyak orang seperti dia, LPS hadir sebagai alat pengaman yang memastikan tidak ada satu rupiah pun tabungan mereka yang dirugikan, LPS berperan penting dalam memperkuat kepercayaan ratusan ribu nasabah bank.

Masyarakat tidak perlu khawatir lagi jika terdapat bank yang terpaksa ditutup atau bangkrut, sebab LPS akan membayarkan simpanan nasabah bank tersebut.

"Tapi kemudian saya tenang saja dan positive thinking sebab katanya kan ada LPS yang menjamin, sampai akhirnya datang LPS dan hak kami dapat kembali tanpa kurang sepeser pun, pelayanannya mantap dan tanpa perlu waktu lama kami menerima simpanan kami kembali," tutupnya.

Sebagai informasi, Laporan (LPS) tahun 2023, sebuah dokumen yang mendapat pujian atas penggambaran keuangan yang adil dan transparan, yang mencerminkan Standar Akuntansi Keuangan yang ketat di Indonesia ditetapkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Kemampuan LPS dalam mempertahankan opini 'adil dalam segala hal yang material' selama sembilan tahun berturut-turut sejak tahun 2014 bukan sekadar prestasi, namun merupakan bukti komitmen teguh mereka terhadap akuntabilitas.

Jumlah bank pada triwulan II tahun 2023 tercatat sebanyak 1.689 termasuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR), data terbaru menunjukkan simpanan bank umum yang mencapai Rp 8.087 triliun, dan tumbuh sebesar 0,5% dibandingkan kuartal sebelumnya, sementara pada saat yang sama, jumlah rekening simpanan meningkat menjadi 520,9 juta meningkat sebesar 1,9%.

Dalam perspektif, sektor BPR/BPRS yang sedang tumbuh juga menunjukkan ketahanan dengan simpanan mencapai Rp 156 triliun dan berjumlah 15,5 juta. Berdasarkan cakupan penjaminan maksimum sebesar Rp 2 miliar, secara mengejutkan terdapat 99,9% dari total rekening

Jika menelaah rumitnya jaringan data terkait penanganan klaim oleh LPS sejak tahun 2005 hingga 31 Oktober 2023, muncul angka yang mencengangkan: 120 bank telah dilikuidasi, meliputi 1 bank umum, 108 Bank Perkreditan Rakyat (BPR), dan 11 bank umum. BPR berbasis syariah menggali lebih dalam angka-angka ini, LPS telah menyalurkan Tabungan Berbayar yang Memenuhi Syarat sebesar Rp 2,05 triliun dan memberikan manfaat bagi hampir 299.059 rekening.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News