UMKM


Kerja Sama Kemenkominfo dan BRI untuk Pelatihan UMKM di Sulawesi Selatan

Standard Post with Image

BPRNews.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Makassar bekerja sama dengan Rumah BUMN (RB) BRI untuk memberikan pelatihan kepada ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sulawesi Selatan.

Perwakilan dari RB BRI Makassar, Ayu Anisela, menjelaskan bahwa kolaborasi ini adalah bagian dari visi bersama untuk memajukan UMKM, mulai dari meningkatkan kapasitas hingga membawa UMKM ke tingkat global. "Kerja sama ini sudah berjalan dan sedang berlangsung. Ada sekitar 300 UMKM yang menjadi target dari kerjasama ini," kata Ayu di Makassar.

Pelatihan ini selaras dengan fungsi utama Rumah BUMN, yaitu meningkatkan kemampuan UMKM dalam mengembangkan produk dan daya saing mereka. Ayu menambahkan bahwa kolaborasi ini menjadi sarana penting untuk memajukan perekonomian Indonesia melalui sektor mikro.

Pelatihan ini terbuka bagi semua pelaku UMKM, termasuk yang belum menjadi binaan Rumah BUMN BRI. "Karena kita visinya ingin meningkatkan perekonomian UMKM, jadi pesertanya siapa saja, yang penting mereka komitmen dan juga konsisten dalam pengembangan produknya," jelas Ayu.

Penanggung Jawab Pelatihan UMKM dari Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Makassar, Tasmil, menyatakan bahwa kerja sama dengan Rumah BUMN BRI penting untuk meningkatkan kompetensi pelaku usaha agar bisa berkembang. "Apalagi di tahun 2024 ini kami harus menjangkau 5000 pelaku UMKM dari berbagai provinsi di wilayah kerja kami," jelas Tasmil.

Tasmil juga menyebutkan bahwa target tahun 2024 adalah menjangkau 5.000 pelaku UMKM di wilayah kerjanya. Saat ini, sudah ada 4.198 UMKM yang terlibat dari 11 provinsi, termasuk Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan enam provinsi di Papua.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News