BPR


Komunal Luncurkan Kairos CBS untuk Optimalisasi Digitalisasi BPR

Standard Post with Image

Bprnews.id - Sebagai bagian dari upaya khusus untuk meningkatkan pertumbuhan inklusi keuangan dan mendorong transformasi digital bank perkreditan rakyat (BPR) di Indonesia, Komunal, penyedia layanan pinjaman peer-to-peer (P2P), dengan bangga meluncurkan produk inovatif terbaru Kairos CBS.

Dirancang sebagai Sistem Perbankan Inti Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS) yang canggih, Kairos CBS dirancang untuk meningkatkan keamanan, kesederhanaan, dan memenuhi kebutuhan bisnis spesifik BPR.

Devin Marco, Chief Technology Officer di Komunal, memiliki visi bahwa kemunculan Kairos CBS akan menawarkan solusi yang sangat dibutuhkan terhadap berbagai tantangan utama yang dihadapi BPR ketika mengadopsi teknologi digital di lanskap saat ini.

“Kairos CBS hadir sebagai solusi dari beberapa hambatan utama yang dihadapi oleh BPR dalam penerapan teknologi digital,” ungkap Devin Marco, dalam keterangan resminya, Kamis (7/12/2023).

Hambatan yang dihadapi BPR dalam penerapan teknologi digital itu, sebut Devin Marco, seperti hambatan-hambatan signifikan yang seringkali membentang di depan BPR mulai dari strategi implementasi teknologi yang belum matang, biaya investasi yang cukup tinggi, hingga kesulitan mencari sumber daya manusia yang memiliki keahlian spesifik dan kredibilitas untuk melaksanakan penerapan teknologi digital secara efektif. Semua faktor ini menjadi batu sandungan yang harus diatasi dengan cermat.

Di tengah perjuangan mengatasi tantangan ini, Devin Marco menekankan inovasi terbarunya: Kairos CBS, sebuah software yang dirancang untuk mengoptimalisasi dan menyatukan ekosistem produk yang telah dikembangkan oleh Komunal.

Sebentar lagi, BPR-BPR akan dapat menikmati keuntungan dari integrasi teknologi yang membawa mereka ke kancah perbankan modern dengan adanya kerjasama antara institusi keuangan dan platform digital, layanan perbankan tak hanya akan mendukung kegiatan operasional para BPR, tetapi juga memperluas akses ke produk-produk finansial yang mendalam dan terpercaya seperti KomunalP2P dan DepositoBPR by Komunal Integrasi ini akan menjadi lebih sempurna dengan adanya kolaborasi langsung dengan Kairos CBS, sebuah sistem core banking solution yang mengedepankan efisiensi dan keamanan.

 

Di tengah pesatnya inovasi ini, Hendry Lieviant, CEO Komunal, menyimpan rasa syukur yang mendalam akan jejak langkah dan pencapaian yang telah diperoleh Komunal sepanjang tahun, menandai era baru bagi ekosistem perbankan mikro di Indonesia.

Menurutnya, ada dua produk terbaik Komunal, pertama yaitu KomunalP2P, Platform Pinjaman Produktif yang telah berhasil menyalurkan total kredit produktif sebesar Rp 4,4 triliun ke lebih dari 1.300 UMKM di seluruh Indonesia.

“Produk kedua adalah DepositoBPR by Komunal, Aplikasi Marketplace Pertama Khusus Produk Deposito BPR di Indonesia yang telah berhasil menyalurkan Dana Deposito sebesar Rp 7 Triliun ke lebih dari 330 Mitra BPR terseleksi yang bergabung dengan Komunal,” tambah Hendry Lieviant. 

Sepanjang tahun 2023, Komunal telah menemukan jejaknya sebagai peraih sejumlah prestasi dalam ekosistem inovasi dan investasi di kawasan ASEAN. Prestasi tersebut tidak datang begitu saja, melainkan hasil dari dedikasi dan inovasi yang tak kenal lelah, yang pada akhirnya mengantarkan perusahaan ini menuju puncak keberhasilan tidak hanya berhasil meraih Top 3 ASEAN Business Awards 2023 Kategori Innovative Investment di ajang bergengsi ASEAN Summit 2023, Komunal juga mendapat kehormatan untuk berbagi wawasan dan kepemimpinan pemikirannya sebagai pembicara dalam The Symposium on Digital Economy & Sustainability.

Tidak berhenti di sana acara peluncuran The Digital Innovation and Sustainable Economic Center oleh Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi Republik Indonesia dan ERIA menjadi bukti lebih lanjut dari pengakuan dan apresiasi yang diterima Komunal

Sejalan dengan perkembangan sharing-economy saat ini, kata Devin, Kairos CBS memungkinkan BPR pengguna tidak hanya memenuhi kebutuhan operasional namun juga berkolaborasi tanpa batas dengan layanan lainnya guna meningkatkan kemampuan kompetitif BPR di era digital.

Beberapa layanan kolaborasi yang telah disediakan adalah layanan dari ekosistem Komunal untuk mendukung BPR mendapatkan akses market baru melalui KomunalP2P, serta akses ke likuiditas melalui DepositoBPR by Komunal. 

“Fungsi kolaborasi yang disediakan akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan BPR di Indonesia,” pungkasnya. 

Bpr
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News