bank umum


Mahasiswa Febis Unpatti Diberi Kuliah Umum Soal Bank Sentral

Standard Post with Image

BPRNews.id  - Sebagai mahasiswa ekonomi, memahami peran dan fungsi bank sentral merupakan hal yang sangat penting, terutama dalam kaitannya dengan perkembangan ekonomi daerah. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura, Prof. Dr. Teddy Leasiwal, menekankan hal ini dalam rilisnya pada Rabu, 4 September 2024. 

Dalam kuliah umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Febis) Universitas Pattimura, Prof. Teddy menjelaskan bahwa pengenalan peran Bank Sentral kepada mahasiswa jurusan Manajemen diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam mengenai tantangan dan peluang di sektor ekonomi, serta mendorong partisipasi aktif mereka dalam memajukan perekonomian bangsa.

Pada acara tersebut, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Rawindra Ardiansyah, juga turut menjadi narasumber. Dalam presentasinya, Rawindra menjelaskan peran strategis Bank Indonesia sebagai penjaga stabilitas moneter sekaligus penggerak inovasi keuangan. "Bank Sentral tidak hanya berperan dalam menjaga inflasi dan stabilitas sistem keuangan, tetapi juga memainkan peran krusial dalam mendorong inklusi keuangan dan penerapan teknologi inovatif dalam sistem pembayaran. Inovasi seperti digitalisasi dan QRIS adalah masa depan ekonomi kita, di mana BI berperan sebagai katalisator utama dalam mempersiapkan masyarakat menghadapi perubahan global,"ungkapnya.

 

Selain itu, Bank Indonesia juga memberikan edukasi tentang Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), yang merupakan solusi pembayaran digital yang aman, praktis, serta mendukung inklusi keuangan. Edukasi lainnya mencakup kampanye Cinta, Bangga, Paham Rupiah, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menghargai dan memahami rupiah sebagai simbol kedaulatan bangsa dan stabilitas ekonomi nasional.

Kegiatan ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan pengetahuan yang lebih luas mengenai peran Bank Sentral dalam perekonomian, sekaligus menginspirasi mereka untuk berperan aktif dalam pengembangan ekonomi daerah maupun nasional.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News