REGULATOR


Masih Awal Tahun, OJK Sulsel Terima 78 Layanan Konsumen

Standard Post with Image

Bprnews.id - Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mencatat penerimaan 78 layanan konsumen pada awal tahun 2024 atau selama bulan Januari.

Menurut Kepala OJK Sulteng, Triyono Raharjo, layanan konsumen tersebut terdiri dari berbagai jenis, termasuk pengaduan, pemberian informasi kepada konsumen, serta penerimaan informasi dari konsumen.

"Dari total layanan konsumen tersebut, sebanyak 48 layanan terkait dengan sektor perbankan, 24 layanan terkait perusahaan pembiayaan, tiga layanan terkait asuransi, dan dua layanan terkait fintech," jelasnya.

Triyono juga menambahkan bahwa OJK Sulteng menerima permohonan informasi debitur melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) sebanyak 6.63 permohonan.

Selain itu, OJK Sulteng bersama dengan anggota Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (Satgas PASTI) terus meningkatkan koordinasi dalam penanganan investasi dan pinjaman online ilegal.

"Pada kegiatan 'POJOK LAPORKAN' di area Car Free Day Kota Palu, Satgas PASTI mendapatkan 11 informasi dari masyarakat terkait penawaran investasi ilegal yang menggunakan modus money game di salah satu aplikasi layanan pesan singkat," tambahnya.

Triyono menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam melaporkan kegiatan penghimpunan dana ilegal agar langkah-langkah preventif dapat segera dilaksanakan untuk menghindari kerugian masyarakat.

Untuk memastikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat terhadap industri keuangan, OJK juga mengimbau agar masyarakat tidak terjebak dalam pinjaman dalam jaringan ilegal dan investasi ilegal.

"Dalam hal ini, OJK membuka layanan konsumen melalui nomor kontak 157 atau WhatsApp dengan nomor telepon 081-151-157-157," tutupnya.

 

 

OJK
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News