Bisnis


Maybank Indonesia Tawarkan Solusi Finansial Customer Centric untuk UKM dan Syariah

Standard Post with Image

BPRNews.id - PT Bank Maybank Indonesia Tbk (“Maybank Indonesia” atau “Bank”) semakin agresif dalam memacu pertumbuhan bisnis SME Banking di Indonesia dengan mengandalkan solusi finansial yang berbasis pada nasabah (customer-centric solutions). Pendekatan ini selaras dengan visi besar Maybank Indonesia, yakni Humanising Financial Services, yang bertujuan untuk menghadirkan layanan keuangan yang lebih dekat dan relevan dengan kebutuhan setiap nasabah.

Head SME Banking Maybank Indonesia, David Wongso, menyatakan bahwa Bank sangat memahami kebutuhan segmen UKM yang beragam. Oleh karena itu, Maybank Indonesia mengembangkan layanan keuangan yang lebih spesifik dan tailored untuk mendukung berbagai tahapan dan jenis bisnis UKM. "Produk SME Banking yang ditawarkan Maybank Indonesia memiliki sejumlah keunggulan, seperti portofolio produk yang beragam, jaringan cabang yang luas di seluruh Indonesia, platform digital banking yang mutakhir, serta dukungan analisis data yang andal," ujarnya dalam SME Media Workshop Maybank Indonesia yang diadakan di Kantor Pusat Maybank Indonesia, Jakarta.

Dengan berbagai keunggulan ini, Maybank Indonesia berkomitmen memberikan solusi SME Banking yang simpel, cepat, dan hassle-free, guna memastikan bahwa nasabah UKM dapat mendapatkan layanan yang optimal tanpa kendala yang berarti.

David mengungkapkan bahwa Maybank Indonesia menawarkan berbagai produk finansial yang dikembangkan khusus untuk memenuhi kebutuhan setiap nasabah, termasuk pinjaman modal kerja untuk biaya operasional, inventory, dan piutang. Produk lain yang ditawarkan adalah pinjaman ekspansi bisnis untuk mendukung pembiayaan cabang baru dan investasi teknologi. Maybank Indonesia juga menawarkan trade finance untuk mendukung kebutuhan perdagangan internasional, termasuk pembiayaan ekspor dan layanan valuta asing. Selain itu, ada pula solusi pembiayaan peralatan untuk pembelian alat mesin, kendaraan, dan aset lainnya.

"Kami berupaya mewujudkan layanan keuangan yang dapat memahami karakter sesuai dengan tahapan bisnis dari setiap nasabah. Inovasi terus berperan penting dalam menghadirkan solusi yang mampu memberikan nilai tambah, dan kami terus mendorong para nasabah di segmen UKM untuk berkembang secara berkelanjutan," tambah David.

Atas inovasi yang dilakukan di segmen SME Banking, Maybank Indonesia baru-baru ini menerima penghargaan The Indonesia Product Experience of the Year untuk kategori ‘SME Banking’ dalam ajang The Asian Experience Awards 2024. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang mampu menciptakan dan mewujudkan brand experience terbaik bagi nasabah, yang semakin mengukuhkan posisi Maybank Indonesia sebagai pemimpin dalam sektor keuangan.

Maybank Indonesia juga memanfaatkan perkembangan teknologi digital untuk terus meningkatkan layanannya. Bank ini baru saja meluncurkan produk keuangan digital eBiz Pintar, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan wirausaha muda (early-stage entrepreneurs), sebuah segmen yang semakin penting dalam dunia bisnis Indonesia.

Dalam laporan terakhir, Maybank Indonesia mengumumkan bahwa kredit segmen UKM (SME+) hingga September 2024 tumbuh 21,6% dan kredit UKM Ritel (RSME) juga tumbuh 15,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. "Kami optimistis kinerja segmen SME Banking akan terus tumbuh hingga akhir 2024, sejalan dengan membaiknya perekonomian nasional," ujar David.

Selain fokus pada produk konvensional, Maybank Indonesia juga berkomitmen untuk menyediakan pembiayaan berbasis Syariah bagi segmen UKM, seiring dengan semakin berkembangnya pasar produk halal di Indonesia. Head Sharia Community Financial Services Maybank Indonesia, Dandy Suprandono, menjelaskan, “Kami memahami pentingnya menyediakan solusi keuangan yang sejalan dengan prinsip syariah. Produk pembiayaan UKM Syariah kami dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengusaha yang menginginkan layanan finansial berbasis syariah,” jelas Dandy.

Hingga September 2024, pembiayaan Perbankan Syariah Maybank Indonesia tumbuh 7,3% mencapai Rp30,98 triliun, didorong oleh peningkatan pembiayaan di segmen komersial dan UKM. Hal ini memperlihatkan bahwa pasar pembiayaan berbasis syariah semakin berkembang di Indonesia. Dandy menambahkan bahwa, "Kami optimistis, potensi pasar keuangan Syariah di segmen UKM masih sangat terbuka di Indonesia. Dengan memperhatikan Indonesia yang merupakan salah satu pasar Muslim terbesar di dunia, Maybank Indonesia berkomitmen penuh untuk menyediakan pembiayaan UKM sesuai dengan prinsip Syariah."

Melalui pendekatan yang lebih customer-centric, Maybank Indonesia tidak hanya menyediakan produk-produk yang relevan dan inovatif untuk nasabah UKM, tetapi juga memfasilitasi akses yang lebih mudah kepada layanan perbankan melalui digital banking dan solusi berbasis teknologi. Bank ini terus berkomitmen mendukung UKM di Indonesia untuk tumbuh dan berkembang dengan menyediakan pembiayaan yang inklusif, baik secara konvensional maupun syariah, guna mewujudkan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News