UMKM


Meningkatkan Kapabilitas UMKM Melalui Pelatihan untuk Go Global

Standard Post with Image

BPRNews.id - UMKM merupakan tulang punggung perekonomian, dan PT Timah berkomitmen untuk mendukung mereka, khususnya mitra binaan di daerah operasional. Kali ini, PT Timah bekerja sama dengan Rumah BUMN Bangka Belitung dan BUMN lainnya seperti Telkom, Pos Indonesia, dan Bank BNI mengadakan acara bertajuk "Empowering Local Brand: Meningkatkan Daya Saing UMKM Berbasis Sustainability dan Go Global" di Graha Timah Pangkalpinang.

Sekitar 100 UMKM berpartisipasi dalam pelatihan yang diisi oleh berbagai narasumber. Di antaranya adalah Vivi Widyana, Founder Billiton Spice, Muhammad Hatta, Founder Rumah Budaya Kabong, Agus Pinandoyo, Executive General Manager KCU Palembang PT Pos Indonesia, dan Agung Hermawan, Pejabat Fungsional Bea Cukai Pangkalpinang. I Gede Arimbawa Yasa, Direktur Eksekutif Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN, membuka workshop dan mengajak pelaku UMKM di Kepulauan Bangka Belitung untuk memanfaatkan workshop ini dan aplikasi Naksir untuk mendata UMKM.

“Manfaatkan kesempatan ini untuk belajar, Kementerian BUMN sudah punya aplikasi Naksir yang nantinya bisa membantu untuk mendata UMKM berada dilevel apa sehingga nantinya bisa dibantu untuk pengembangannya,” ucapnya. Ia menekankan bahwa UMKM adalah penggerak ekonomi nasional, sehingga pengembangan mereka penting bagi semua pihak.

Muslim L Hakim, perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Babel, mengapresiasi pelatihan ini. Ia mencatat bahwa saat ini ekonomi Babel sedang lesu, tetapi UMKM masih aktif berkontribusi. “Kita tahu Babel secara umum sedang kurang baik-baik saja, sudah mengalami deflasi karena permintaan yang berkurang dan daya beli berkurang. Alhamdulillah UMKM tetap menggeliat dan mendukung perekonomian Babel serta memberikan kontribusi positif bagi Babel” ucapnya.

Meskipun tantangan bagi UMKM Babel untuk menembus pasar global masih ada, pelatihan ini diharapkan dapat memberikan edukasi yang diperlukan. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan saat diskusi. Suryani, salah satu pelaku UMKM dari Pangkalpinang, mengatakan, “Ada banyak wawasan baru yang saya dapatkan dari workshop hari ini, terutama menjadi bekal kami dalam mengembangkan produk agar bisa diterima di pasar ekspor. Saya jadi berpikir untuk mengurus berbagai perizinan dan meningkatkan kualitas produk.”

CEO Rumah BUMN Bangka Belitung, Rudy Darwin, menyatakan bahwa Rumah BUMN berkomitmen membantu memasarkan dan memberikan pelatihan bagi UMKM. “Harapan kami para UMKM di Babel dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar, kami menghadirkan berbagai narasumber baik dari pelaku UMKM, PT Pos, dan Bea Cukai. Cari tahu tips dan trik agar bisa go global produknya,” pesannya.  

Vivi Widyana menjelaskan pentingnya memiliki nilai jual untuk produk agar bisa bersaing di pasar global. “Tantangan untuk bisa go global itu kita harus tahu dulu keunikan produk agar bisa menjadi nilai jual, terus nilai dari produk kita sendiri, menentukan target pasar sehingga kita bisa beradaptasi, mengejar sertifikasi dan rajin ikut expo. Tapi yang paling penting tidak mudah patah semangat,” tambahnya.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News