bank umum


Muhammadiyah Utamakan Pengembangan BPRS Sebelum Bentuk Bank Umum Syariah

Standard Post with Image

 BPRNews.id  - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah saat ini sedang memfokuskan upayanya untuk memperkuat Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) sebelum mempertimbangkan pendirian bank umum syariah (BUS). Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas, menyampaikan bahwa meskipun ada keinginan untuk mendirikan bank syariah yang lebih besar, prioritas saat ini adalah memperbaiki dan mengelola lebih dari 20 BPRS yang sudah dimiliki. "Kami sedang berusaha membenahi BPRS yang ada agar bisa berkembang menjadi bank umum syariah," ujarnya saat acara Ijtima Sanawi Dewan Pengawas Syariah 2024 di Jakarta, Jumat (11/10/2024).

Muhammadiyah menyadari bahwa beberapa BPRS memerlukan perbaikan agar bisa berfungsi lebih optimal dan mampu bersinergi. Langkah ini diharapkan tidak hanya meningkatkan layanan bagi nasabah, tetapi juga memperkuat posisi Muhammadiyah di dalam ekosistem perbankan syariah di Indonesia. Dengan menumbuhkan kompetisi yang sehat, Muhammadiyah berharap bisa mempercepat pertumbuhan perbankan syariah yang berkelanjutan dan bermanfaat. Anwar Abbas menekankan bahwa "dengan memperkuat BPRS, kita akan membangun fondasi yang kuat untuk mendukung pembentukan bank syariah besar di masa depan."

Selain itu, Muhammadiyah juga menekankan pentingnya menciptakan kompetisi yang sehat di antara bank-bank syariah di Indonesia. Anwar mengingatkan bahwa dominasi satu bank dapat menimbulkan praktik monopoli yang merugikan nasabah. "Kami ingin semua bank syariah bisa berkontribusi secara maksimal, sehingga nasabah memiliki lebih banyak pilihan dan layanan yang kompetitif," jelasnya.

Sebelumnya, Muhammadiyah telah memutuskan untuk mengalihkan dana dari Bank Syariah Indonesia (BSI) ke bank-bank syariah lainnya, seperti Bank Syariah Bukopin, Bank Mega Syariah, dan Bank Muamalat, yang telah menjalin kerja sama dengan organisasi tersebut. Keputusan ini juga melibatkan instruksi kepada Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) untuk mengikuti langkah tersebut dalam rangka memperkuat bank syariah yang lebih inklusif dan kompetitif.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News