Bisnis


OCBC NISP Permudah Pembukaan Rekening Giro Bisnis dengan Solusi Digital 100%

Standard Post with Image

Bprnews.id – PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) kembali bekerja sama dengan NielsenIQ (NIQ) Indonesia untuk merilis OCBC Business Fitness Index (BFI) untuk kedua kalinya. Penelitian ini bertujuan memberikan wawasan mengenai perilaku keuangan UMKM di Indonesia. Hasil riset menunjukkan bahwa UMKM di Indonesia memiliki skor pemahaman sistem manajemen finansial yang cukup baik, yaitu 60, menandakan peningkatan keterampilan dalam pencatatan keuangan dan evaluasi rutin terhadap laba rugi usaha. Meski begitu, hanya 46% UMKM yang sepenuhnya memisahkan keuangan bisnis dari pribadi, yang berpotensi mempengaruhi arus kas dan keberlanjutan usaha.

Penelitian ini juga mengungkap bahwa UMKM yang berbadan usaha memiliki pemahaman yang lebih baik tentang manajemen finansial dan perencanaan risiko bisnis. Mereka mencatat skor 60,2, lebih tinggi dibandingkan UMKM yang belum berbadan usaha, yang skornya hanya 47,4. Hal ini dapat disebabkan oleh perencanaan bisnis yang lebih terstruktur dan strategi pencatatan keuangan yang lebih disiplin.

Sebagai respons atas tantangan yang dihadapi UMKM, terutama dalam memisahkan keuangan bisnis dan pribadi, OCBC meluncurkan solusi digital 100% untuk pembukaan rekening giro bisnis secara online. "Proses ini memungkinkan UMKM membuka rekening dalam hitungan jam hanya dengan perangkat digital, tanpa harus datang ke kantor cabang. Ini adalah inovasi pertama di Indonesia," ujar Sari Kartika, SME Proposition Division Head OCBC.

Langkah ini diharapkan dapat memudahkan UMKM untuk lebih fokus pada pengelolaan keuangan yang tertib, sehingga usaha mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

 

Penulis : Vania
Editor : Widya

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News