REGULATOR


OJK Cirebon Tingkatkan Pelayanan dan Literasi Keuangan 2024

Standard Post with Image

BPRNews.id - Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (K/PMR), Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR), dan Desa Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI),” kata Agus.

Program K/PMR yang dijalankan oleh empat BPR di wilayah Kabupaten Cirebon, Kuningan, dan Majalengka, hingga triwulan kedua 2024, telah menyalurkan baki debet sebesar Rp3,9 miliar kepada 514 debitur. Sedangkan untuk program KEJAR melalui produk Simpanan Pelajar (SimPel), telah tercatat sebanyak 18.540 rekening dengan total nominal Rp45 miliar.

Dalam memperkuat literasi keuangan, TPAKD Kabupaten Kuningan menginisiasi Program Desa Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) di Desa Karangtawang, Kuningan, yang ditargetkan untuk 300 pelaku UMKM. Program ini difokuskan pada edukasi, pendampingan, dan perluasan akses keuangan formal. “Salah satu capaian kami adalah pembukaan satu unit agen laku pandai pada 31 Agustus 2024,” ujar Agus.

Ia berharap program EKI dapat meningkatkan inklusi keuangan di Desa Karangtawang menjadi minimal 60 persen. “Dengan peningkatan literasi keuangan dan akses keuangan digital, kami berharap program ini dapat memberikan dampak positif, khususnya dalam pengelolaan keuangan dan pengembangan UMKM di wilayah tersebut,” tutup Agus.

 

 

ojk
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News