bank umum


OJK Kalteng: Program Inovatif Pemerintah Daerah Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Kalteng

Standard Post with Image

Bprnews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyoroti peran penting berbagai program dan kegiatan inovatif dari pemerintah daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Ada berbagai program dari pemerintah daerah di Kalimantan Tengah yang layak untuk didukung dan dikembangkan bersama, seperti pengembangan klaster tambak udang vaname di Sukamara dan pengembangan klaster petani padi dan jagung di Gunung Mas," kata Kepala OJK Kalteng, Otto Fitriandy, dalam keterangan Jumat (9/2/2024).

Otto berharap bahwa program klaster tambak udang vaname di Sukamara dapat terus tumbuh dan berkembang, terutama dengan memanfaatkan teknologi dalam pengelolaan, pemasaran, dan penjualan.

"Dalam era digitalisasi, penting bagi semua pihak untuk mengikuti perkembangan zaman, termasuk dalam pengelolaan budi daya perikanan menggunakan teknologi pintar yang ramah lingkungan dan lebih ekonomis," tambahnya.

Dia juga menyoroti dukungan dari lembaga jasa keuangan terhadap pengembangan program dan kegiatan yang diinisiasi oleh pemerintah daerah, seperti Kredit Pembiayaan Sektor Prioritas untuk klaster budidaya udang vaname.

Selain itu, Otto juga menggarisbawahi pentingnya skema pembiayaan untuk klaster petani padi dan jagung di Gunung Mas. Bank Kalteng, bersama Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, telah bekerja sama dalam mendukung petani dalam pengembangan pertanian komoditas jagung dan padi.

"Kami berfokus pada mendukung sektor pertanian dan sektor produktif lainnya melalui pembiayaan dengan suku bunga tiga persen, sejalan dengan arahan Gubernur Sugianto Sabran," jelas Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank Kalteng, Marzuki.

Marzuki menambahkan bahwa Bank Kalteng tidak hanya memberikan pembiayaan, tetapi juga melaksanakan program literasi inklusi dan edukasi keuangan kepada para petani sebagai bagian dari kerja sama dengan Pemkab Gunung Mas.

"Program ini bukan hanya tentang memberikan pembiayaan, tetapi juga memberikan pendidikan finansial kepada masyarakat, sehingga mereka dapat memanfaatkan sumber daya secara lebih efektif," tandasnya.

 

OJK
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News