bank umum


OJK Lakukan Pengawasan Terhadap PT Investree Radhika Jaya

Standard Post with Image

Bprnews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah melakukan pengawasan ketat terhadap PT Investree Radhika Jaya (Investree) menyusul kasus pengembalian dana pemberi pinjaman yang tak kunjung terselesaikan dalam setahun terakhir. Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan, dan Komunikasi OJK, Aman Santosa, menyatakan bahwa OJK tengah melakukan pendalaman terhadap Investree. "OJK saat ini sedang melakukan pendalaman dengan melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap Investree,” kata Aman Santosa dari siaran pers yang dikutip pada Senin (19/2).

OJK menduga bahwa Investree telah melanggar ketentuan dalam operasional dan perlindungan konsumen. Aman menyatakan bahwa OJK akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan ketentuan apabila dugaan pelanggaran tersebut terbukti. Langkah-langkah tersebut termasuk kerjasama dengan aparat penegak hukum untuk proses penindakan lebih lanjut terhadap pihak-pihak yang bertanggung jawab atas pelanggaran.

Aman juga menekankan bahwa OJK meminta Investree untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tata kelola yang baik. Selain itu, OJK juga mengimbau masyarakat untuk bijak dalam menyikapi situasi terkait Investree.

Investree dilaporkan menghadapi kasus gagal bayar kepada lender sejak tahun lalu, dengan tingkat keberhasilan (TKB) total yang terus menurun. Pada awal Januari, TKB90 total Investree berada di kisaran 87,47 persen, tetapi pada awal Februari menurun menjadi 83,56 persen.

Sebagai respons terhadap situasi tersebut, Investree telah berhasil meraih dana talangan sebesar US$ 7 juta atau sekitar Rp 110 miliar dari investor terdahulu, SBI Holdings. Dana talangan tersebut telah dialokasikan untuk berbagai kebutuhan perusahaan, termasuk gaji karyawan, biaya hukum dan audit, penghematan, asuransi kredit, penagihan, dan sewa.

Co-Founder/Director Investree Singapore Pte. Ltd., Kok Chuan Lim, menyatakan harapannya bahwa dengan penyuntikan modal baru dari investor, Investree dapat segera menyelesaikan rencana restrukturisasi perusahaan. Hal ini diharapkan dapat mengatasi tantangan keterlambatan pembayaran kepada lender atau pemberi pinjaman.

 

OJK
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News