UMKM


Pegadaian Area Jayapura Fokus pada Pembinaan dan Pelatihan UMKM di Tanah Papua

Standard Post with Image

Bprnews.id - Pegadaian area Jayapura telah menegaskan fokusnya pada tahun 2024 terhadap program pembinaan dan pelatihan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang tersebar di Tanah Papua.

Deputi Pegadaian Area Jayapura, Dul Trisno, dalam pernyataannya di Jayapura, menyatakan bahwa pada tahun 2024, program pembinaan, pelatihan, dan sejenisnya baru akan dijalankan, mengikuti permintaan dari setiap UMKM yang terdaftar di Papua.

"Berdasarkan permintaan dari setiap UMKM yang terdaftar di Papua ini, sehingga kami melakukan program tersebut," ujar Dul.

Dul juga menekankan bahwa program tersebut bertujuan untuk meningkatkan bisnis nasabah serta meningkatkan literasi produk dan program Pegadaian kepada masyarakat.

"Pastinya kami dari Pegadaian dapat dijadikan mitra bagi masyarakat terutama bagi pelaku-pelaku UMKM dimana untuk peroleh modal usaha, lebih cepat dan sangat mudah," tambahnya.

Lebih lanjut, Dul menjelaskan bahwa Pegadaian tidak hanya memberikan pinjaman, tetapi juga memiliki tujuan untuk membantu UMKM di Tanah Papua naik kelas melalui proses pelatihan, pendampingan, dan sebagainya.

"Kami juga bukan saja memiliki akses pembiayaan saja, tetapi juga proses pelatihan, pendampingan, dan sebagainya, syaratnya bagi UMKM yang membutuhkan pelatihan atau pendamping bisa langsung mengajukan proposal kepada Pegadaian," jelasnya.

Dalam konteks pembiayaan, Dul mengungkapkan bahwa Pegadaian memiliki dua program, yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kupedes. Dari target KUR sebesar Rp 126 miliar, saat ini sudah tercapai Rp 120 miliar. Dia juga optimis bahwa melalui program ini, target akan tercapai.

"Sementara untuk program Kupedes ini akan kami sosialisasikan langsung ke kampung-kampung dan pembinaannya setiap kelompok UMKM," tambahnya.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News