REGULATOR


Pentingnya Investasi untuk Masa Depan Keuangan

Standard Post with Image

BPRNews.id - Investasi adalah kegiatan menanamkan modal atau dana oleh individu maupun institusi dengan tujuan mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Menurut Donna Rissi, Kepala Subbagian PEPK LMS Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perwakilan NTT, investasi bertujuan untuk meningkatkan aset dan kekayaan masyarakat, memberikan penghasilan tambahan, atau passive income, serta menjadi sarana persiapan masa depan, seperti masa pensiun atau usia produktif di bidang pendidikan.

"Kita memahami bahwa inflasi secara bertahap akan mengurangi daya beli uang. Dengan berinvestasi, kita bisa mengamankan dan meningkatkan nilai uang kita di masa depan," kata Donna dalam wawancaranya dengan RRI.

Donna juga menambahkan bahwa investasi memungkinkan masyarakat memperoleh pendapatan pasif yang tidak hanya bergantung pada pekerjaan utama mereka. "Investasi adalah cara untuk menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian. Hidup kita semakin kompleks setiap harinya, dan kita memerlukan jaminan keuangan, terutama untuk masa tua," jelasnya. 

Ia juga menyoroti pentingnya investasi bagi generasi muda, seperti milenial dan Gen Z, dalam mempersiapkan masa pensiun yang lebih mandiri. "Sistem pensiun di masa mendatang mungkin tidak akan seaman yang dinikmati generasi sebelumnya, sehingga investasi menjadi solusi penting bagi generasi muda," ujarnya.

Lebih lanjut, Donna menjelaskan bahwa investasi dapat membantu mengembangkan kebiasaan finansial yang baik, seperti perencanaan keuangan dan pengambilan keputusan yang bijaksana. "Dengan target investasi, seseorang menjadi lebih teratur dalam mengelola anggaran. Selain itu, investasi mengajarkan pentingnya menyisihkan penghasilan daripada menghabiskannya," tambahnya.

Saat ini, pilihan investasi tidak lagi terbatas pada properti atau emas. Banyak instrumen keuangan lain yang bisa dipilih, seperti reksa dana, saham, obligasi, deposito, dan peer-to-peer lending. Donna juga menekankan pentingnya memilih investasi yang legal dan diawasi oleh OJK. 

"Semakin cepat kita berinvestasi, semakin besar peluang mendapatkan keuntungan, meskipun awalnya dengan jumlah kecil. Namun, berhati-hatilah terhadap investasi bodong yang menawarkan imbal hasil besar dalam waktu singkat dan minim risiko, karena semua investasi pasti memiliki risiko," tutup Donna.

 




 

ojk
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News