REGULATOR


Penyaluran Kredit UMKM Masih Melambat, OJK Optimistis

Standard Post with Image

BPRNews.id - Penyaluran kredit untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) belum menunjukkan kebangkitan, dengan pertumbuhan hanya sekitar 4% pada Agustus 2024, yang merupakan angka terendah sepanjang tahun ini. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, menjelaskan bahwa "pertumbuhan kredit ini dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk kondisi makroekonomi dan dinamika global."

Dian mengungkapkan bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat turut berkontribusi terhadap penurunan tersebut. Ia juga menyoroti situasi geopolitik yang dapat mempengaruhi berbagai aspek perekonomian domestik. Meski menghadapi tantangan ini, Dian tetap optimistis bahwa bank akan mampu meningkatkan penyaluran kredit kepada UMKM. "Dengan berbagai dukungan dari Pemerintah dan pihak lainnya, kami yakin penyaluran kredit dapat ditingkatkan," katanya.

Ia menambahkan bahwa OJK akan secara aktif berkoordinasi dengan Pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk melakukan evaluasi dan monitoring terhadap kondisi UMKM serta efektivitas instrumen kebijakan yang ada. "Tujuannya untuk menstimulus kredit UMKM yang sustainable dan resilient," ungkap Dian.

Inisiatif ini akan dilakukan melalui program inklusi keuangan, perluasan jaringan agen bank, program subsidi Pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat (*KUR*), serta insentif berupa kelonggaran likuiditas.

 



 

ojk
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News