UMKM


Peran UMKM Kopi Jawa Barat dalam Mendorong Ekonomi Lokal

Standard Post with Image

BPRNews.id - Jawa Barat dikenal sebagai salah satu provinsi penghasil kopi terkemuka di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2023, perkebunan kopi di Jawa Barat menghasilkan 22.600 ton kopi, yang menjadi bagian penting dalam produksi kopi nasional.

Melihat potensi tersebut, Tokopedia dan ShopTokopedia menyediakan wadah khusus bagi UMKM lokal, termasuk penjual kopi, untuk mendukung ketahanan pangan dan pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satu UMKM yang terlibat adalah Herd Coffee Roaster, sebuah usaha kopi lokal Jawa Barat yang konsisten berpartisipasi dalam kampanye "Beli Lokal", yang membantu meningkatkan penjualannya di Tokopedia dan ShopTokopedia.

Andri Hardian, pemilik Herd Coffee Roaster, menjelaskan bahwa Herd Coffee memiliki keunikan dalam pemilihan biji kopi, yang berasal dari 30 daerah di Indonesia, seperti Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Bali, Flores, Toraja, hingga Papua. “Keragaman ini tidak hanya menawarkan cita rasa yang bervariasi, tetapi juga mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kopi Indonesia. Kami menggandeng 10 koperasi kopi lokal untuk mendukung petani kopi dan memberdayakan komunitas lokal,” ujar Andri.

Dalam upaya memperluas pasar, Andri memanfaatkan platform Tokopedia dengan berbagai fitur, seperti Tokopedia NYAM! dan Bebas Ongkir. “Sejak kami mulai fokus berjualan online, penjualan Herd Coffee Roaster terus meningkat. Tokopedia menyumbang 20 persen dari total penjualan Herd Coffee Roaster dan berkontribusi hingga 90 persen terhadap penjualan online. Pelanggan segmen B2B kami pun banyak membeli produk Herd Coffee Roaster melalui Tokopedia,” tambahnya.

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen, Herd Coffee juga menjual produknya melalui ShopTokopedia dan memanfaatkan video pendek di TikTok untuk memberikan edukasi tentang kopi. Selain itu, mereka membuka coffee experience bar pertama di Bandung bernama “Sumthin' Else from Herd”, yang juga menjadi ruang diskusi bagi para pencinta kopi.

Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia dan TikTok E-commerce, mengatakan bahwa inisiatif ini berdampak positif bagi UMKM di Jawa Barat dan nasional pada kuartal III 2024. “Di Bandung, Tokopedia mencatat beberapa kategori paling laris, antara lain makanan dan minuman, kesehatan, dan pertukangan. Jawa Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi 2,5 kali lipat selama kampanye Beli Lokal berlangsung di ShopTokopedia,” jelas Aditia.

Ia juga menambahkan bahwa penjualan UMKM Jawa Barat yang berpartisipasi dalam kampanye ini meningkat 1,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tokopedia saat ini telah bekerja sama dengan lebih dari 15 mitra logistik untuk memastikan layanan yang aman, termasuk pengiriman biji kopi, bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News