bank umum


Perbankan Umum di Ciayumajakuning Salurkan Kredit Rp89,49 Triliun

Standard Post with Image

Bprnews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon mencatat kinerja perbankan di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) pada tahun 2023 tetap positif.

Kepala OJK Cirebon, Fredly Nasution, menyampaikan bahwa penyaluran kredit oleh lembaga perbankan di wilayah tersebut mencapai Rp89,49 triliun sepanjang tahun 2023. 

Fredly menyebutkan, puluhan miliar itu dicatatkan oleh 44 kantor cabang bank umum. “Penyaluran kredit tahun ini meningkat 3,30% dibandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya di Kota Cirebon, Rabu (27/12/2023).

Penghimpunan dana pihak ketiga (DPK), yang terdiri dari tabungan dan deposito, juga meningkat menjadi Rp73,69 triliun atau naik 1,52% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Meskipun mengalami peningkatan sebesar 2,21%, rasio profitabilitas yang diukur dengan Return on Asset (ROA) tetap positif, yakni sebesar 2,65%.

Fredly juga mencatat bahwa profil risiko perbankan di wilayah Ciayumajakuning menunjukkan peningkatan, dengan rasio Non-Performing Loan (NPL) gross sebesar 2,82% per September 2023. 

Meskipun demikian, ia menekankan bahwa perbankan di Cirebon cenderung stabil dengan kinerja intermediasi yang tumbuh positif. Data ini mencerminkan kondisi perbankan yang sehat dan memberikan dukungan terhadap aktivitas ekonomi di wilayah tersebut.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News