bank umum


Pertumbuhan Tinggi Sektor Jasa Keuangan di DIY Dorong Aktivitas Ekonomi

Standard Post with Image

Bprnews.id - Sektor jasa keuangan telah menjadi salah satu lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada tahun 2023.

Menurut rilis Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, sektor jasa keuangan mencatat pertumbuhan sebesar 10,29 persen dan memberikan kontribusi sebesar 4,25 persen terhadap struktur pertumbuhan ekonomi DIY.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY, Parjiman, menjelaskan bahwa sektor jasa keuangan mulai mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak triwulan III tahun 2023. Pada periode tersebut, pertumbuhan sektor jasa keuangan mencapai 14,14 persen (YoY).

 

"Komponen penyusun PDRB dari sektor jasa keuangan dan asuransi, termasuk lembaga jasa keuangan dan penunjang, telah berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi regional sejak triwulan III tahun 2023," ujarnya pada Jumat (09/02/2024).

Parjiman menjelaskan bahwa pertumbuhan ini didorong oleh beberapa faktor, termasuk momen tahun ajaran baru, penerimaan mahasiswa baru, dan liburan di triwulan III 2023 yang mendorong peningkatan aktivitas di sektor jasa keuangan dan asuransi.

"Selain itu, kami juga mencatat peningkatan jumlah nasabah pegadaian dan jasa asuransi, serta aktivitas money changer yang meningkat seiring dengan peningkatan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke DIY," jelasnya.

Kepala BPS DIY, Herum Fajarwati, menambahkan bahwa semua aktivitas keuangan, termasuk perbankan, tabungan masyarakat, asuransi, dan lain-lain, dihitung dalam pertumbuhan sektor jasa keuangan.

"Tingginya aktivitas masyarakat di DIY, termasuk kedatangan wisatawan, juga berdampak positif terhadap kinerja sektor jasa keuangan," katanya.

Secara keseluruhan, seluruh lapangan usaha di DIY mengalami pertumbuhan positif sepanjang tahun 2023. Selain sektor jasa keuangan yang mencatat pertumbuhan 10,29 persen, sektor transportasi juga tumbuh dua digit sebesar 10,27 persen. Sedangkan akomodasi dan makanan minuman menjadi lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi ketiga, mencapai 8,72 persen.

OJK
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News