UMKM


Program Edukasi QRIS untuk Pengembangan UMKM di Yogyakarta Bersama Mitra Bukalapak

Standard Post with Image

BPRNews.id - Bukalapak, melalui platform online-to-offline (O2O) Mitra Bukalapak, bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk menyosialisasikan penggunaan QRIS kepada komunitas Mitra Bukalapak, yaitu Komunitas Juwara. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan adalah acara Spesial Kumpul Juwara (SKJ) pada 30 September 2024.

Acara SKJ bertujuan untuk memberikan edukasi kepada ratusan pemilik warung dan agen pulsa di Yogyakarta. Selain edukasi, mereka juga diberikan informasi teknis terkait produk virtual, seperti voucher game dan penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran digital.

Dalam kerja sama ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY juga turut mengedukasi pemilik warung mengenai pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). SVP Bukalapak, Tine Ervina, menyatakan bahwa acara SKJ adalah bagian dari program edukasi berkelanjutan yang diinisiasi oleh Komunitas Juwara. “Dukungan ini bersifat dua arah, tim Mitra Bukalapak dan para praktisi ahli berperan aktif dalam berbagi ilmu dan pengalaman,” kata Tine.

Irma, pemilik warung sembako yang merupakan binaan Mitra Bukalapak, membagikan pengalamannya. Setelah bergabung dengan Mitra Bukalapak, warungnya dapat menyediakan berbagai layanan virtual, seperti token listrik, pengiriman uang, hingga QRIS. "Pelatihan dari Komunitas Juwara sangat membantu saya maju dan lebih memahami bisnis,” ujar Irma.

Pelaksana Harian Kepala Perwakilan BI DIY, Hermanto, menegaskan komitmen Bank Indonesia dalam memberdayakan UMKM dan mendorong mereka untuk menggunakan QRIS. “Melalui kolaborasi Bank Indonesia DIY dan Mitra Bukalapak di Yogyakarta, kami berharap dapat memberikan edukasi lebih mendalam dan berkelanjutan, sehingga pemilik usaha kecil dapat merasakan manfaat penggunaan QRIS untuk meningkatkan bisnis,” tutup Hermanto.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News