UMKM


UMKM Menjadi Sorotan dalam Kegiatan SERUMBI 2024 di Ternate

Standard Post with Image

BPRNews.id - Bank Indonesia akan mengadakan acara SERUMBI (Semarak UMKM dan Keuangan Digital Bank Indonesia) 2024 pada tanggal 11-13 Oktober 2024 di Benteng Oranje, Ternate. Acara ini akan melibatkan 54 UMKM yang beragam, mulai dari produk fashion hingga makanan dan minuman.

UMKM yang ikut serta mencakup berbagai sektor, termasuk fashion, makanan siap saji, dan makanan olahan. Selain itu, acara ini juga bekerja sama dengan beberapa bank dan lembaga terkemuka yang menyediakan layanan selama SERUMBI.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Karya Kreatif Indonesia (KK), Gerakan Bangga Buatan Indonesia, dan Gerakan Bangga Berwisata di Provinsi Maluku Utara. Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Kementerian Desa serta Pembangunan Desa Tertinggal menjadi tuan rumah utama untuk acara ini.

"Kegiatan ini juga ikut menyemarakkan Harvesting GBB dan BBW Provinsi Maluku Utara. Yang juga dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun ke-25 Provinsi Maluku Utara, 12 Oktober 2024," jelas Erlangga Febrianno, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara.

Tujuan dari program SERUMBI adalah untuk memperkenalkan UMKM yang dibina oleh Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku Utara. Fokusnya adalah meningkatkan kehadiran UMKM dalam ekosistem digital, memperbanyak transaksi penjualan (baik offline maupun online), serta memperluas akses ke pasar. Selain itu, program ini juga memberikan pendampingan dalam memulai dan mengembangkan jiwa kewirausahaan.

"Kegiatan SERUMBI juga dirangkaikan dengan berbagai kampanye pengembangan keuangan digital yang salah satunya melalui QRIS," tambah Erlangga.

Acara ini akan terdiri dari tiga kegiatan utama : SERUMBI FAIR, SERUMBI Talkshow, dan SERUMBI Competition. SERUMBI Fair akan menampilkan UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia yang telah mengikuti seleksi dan pelatihan dari awal tahun 2024 hingga Juli 2024.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News