UMKM


Wakil Menteri Perdagangan Dorong Pelaku UMKM Melek Teknologi

Standard Post with Image

bprnews.id - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga terus mendorong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menjadi adaptif dan melek terhadap perkembangan teknologi. Dengan keterampilan teknologi yang mumpuni, diharapkan UMKM dapat memperluas jangkauan pemasaran produk mereka dan bersaing di pasar lokal maupun global.

"Dengan meningkatkan melek teknologi, para pelaku UMKM di Kabupaten Minahasa dan Manado dapat mengoptimalkan promosi produk mereka dan bersaing di pasar global," ujar Jerry seperti yang dikutip dari siaran persnya, Sabtu (10/2/2024).

Jerry menegaskan bahwa berbagai program yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM, termasuk program pembinaan, pelatihan, dan pendampingan untuk meningkatkan kualitas produk, kapasitas sumber daya manusia, serta akses pemasaran.

Dalam menjalankan perannya sebagai regulator, pemerintah juga diharapkan menjadi contoh dalam penggunaan produk dalam negeri. Jerry menekankan pentingnya tidak hanya mencintai produk dalam negeri, tetapi juga membeli, memakai, dan mengonsumsinya sebagai bentuk dukungan nyata.

Menurut Jerry, UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia, terutama selama masa pandemi COVID-19. Namun, kontribusi UMKM terhadap nilai ekspor Indonesia baru mencapai empat persen dari total nilai ekspor.

Sementara itu, Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri, Krisna Ariza, menyebut bahwa persiapan Indonesia menuju tahun 2045 membutuhkan transformasi sumber daya manusia UMKM, inovasi produk yang berkelanjutan, serta kemitraan yang kuat dengan toko retail modern.

Krisna menekankan pentingnya keterampilan manajerial untuk berjualan secara langsung maupun daring, serta perlunya inovasi produk yang terus dilakukan. Selain itu, kerjasama dengan toko retail modern juga perlu ditingkatkan untuk memastikan produk-produk unggulan UMKM dapat tersedia secara luas di pasaran.

Kementerian Perdagangan akan terus berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan di seluruh kabupaten di Indonesia untuk memberikan pembinaan dan pelatihan kepada pelaku UMKM, guna meningkatkan keterampilan dalam berjualan daring. Hal ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat dan pelaku UMKM secara menyeluruh.


 

 

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News