Bisnis


BSI Perkuat Dana Payroll hingga Rp21 Triliun, Fokus pada ASN dan Infrastruktur

Standard Post with Image

BPRNews.id - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus menunjukkan komitmennya dalam memperkuat dana murah melalui payroll. Hingga Agustus 2024, BSI berhasil mengelola dana payroll sebesar Rp21 triliun, dengan basis lebih dari 1,2 juta nasabah. Pencapaian ini mengokohkan posisi BSI di antara tiga bank terbesar di Indonesia dalam penyaluran gaji bagi ASN, TNI, dan POLRI.

BSI juga terus memperluas ekosistem payroll dengan bekerja sama dengan lebih dari 60 kementerian, mencakup sekitar 342 ribu ASN dan PNS yang tersebar di 4.900 satuan kerja di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, lebih dari 134 ribu pensiunan TASPEN dan ASABRI juga telah menerima manfaat dari layanan payroll BSI.

Hingga Agustus 2024, BSI telah mengelola dana payroll ASN sebesar Rp1,1 triliun setiap bulannya. Jumlah nasabah payroll BSI di kementerian juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, dengan peningkatan sebesar 22,48% secara year-to-date. Peningkatan ini didorong oleh peraturan pemerintah melalui Kementerian Keuangan Nomor 11/PMK.05/2016, yang mewajibkan penyaluran gaji melalui bank syariah jika terdapat lebih dari satu bank mitra dalam penyaluran gaji pegawai negeri.

Anton Sukarna, Direktur Sales & Distribution BSI, menyatakan bahwa kerja sama payroll ini merupakan langkah strategis untuk membangun ekosistem syariah di lingkungan kementerian. "Kerja sama payroll menjadi salah satu upaya kami untuk membangun ekosistem syariah di lingkungan pegawai kementerian. Artinya, selain memberikan experience bagi ASN dalam bertransaksi syariah, melalui payroll ini juga menjadi gate awal untuk membuka kesempatan pembiayaan dan transaksi lainnya,” jelas Anton.

Selain payroll, BSI juga memiliki peran penting sebagai bank operasional yang ditunjuk Kementerian Keuangan untuk menyalurkan dana proyek-proyek SBSN (Surat Berharga Syariah Negara). Salah satu contohnya adalah kerja sama dengan Kementerian Perhubungan RI, khususnya melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian, dalam pengelolaan dana proyek infrastruktur kereta api.

Pada 3 Oktober 2024, BSI menandatangani kerja sama bisnis dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI, memperluas layanan payroll kepada lebih dari 2.100 ASN di satuan kerja tersebut. Direktur Jenderal Perkeretaapian, Mohamad Risal Wasal, menyambut baik kerja sama ini dan berharap agar kolaborasi tidak hanya terbatas pada payroll. "Kami berharap BSI dapat mendukung perkembangan perkeretaapian di Indonesia melalui dukungan pembiayaan proyek-proyek infrastruktur di masa yang akan datang,” ungkap Risal.

Dengan berbagai inisiatif strategis ini, BSI semakin memperkuat posisinya sebagai bank syariah terkemuka di Indonesia, tidak hanya melalui penyaluran gaji, tetapi juga melalui dukungan terhadap pembangunan infrastruktur nasional.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News