Bisnis


DBS Indonesia dan Moduit Kolaborasi, Targetkan AUM Rp500 Miliar di Obligasi Pasar Sekunder

Standard Post with Image

BPRNews.id - PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia) secara resmi menjalin kerja sama dengan PT Moduit Digital Indonesia (Moduit), sebuah platform teknologi finansial berlisensi yang fokus pada layanan private wealth management berbasis digital. Kolaborasi ini diumumkan pada Selasa (15/10) dan menjadi yang pertama di Indonesia yang mengintegrasikan layanan bank dengan perusahaan wealth tech melalui Application Programming Interface (API).

Dengan integrasi ini, masyarakat kini dapat mengakses lebih dari 100 pilihan Obligasi Pasar Sekunder yang disediakan oleh Bank DBS Indonesia langsung melalui aplikasi Moduit. Djoko Soelistyo, Head of Investment and Insurance Product PT Bank DBS Indonesia, menjelaskan bahwa pihaknya menargetkan hingga 5.000 transaksi dengan total aset mencapai Rp500 miliar pada tahun pertama kerjasama ini.

“Integrasi API kami ke dalam platform Moduit memudahkan masyarakat membeli 100 lebih pilihan Obligasi Pasar Sekunder dari DBS Indonesia di aplikasi Moduit. Di tahun pertama, kami menargetkan hingga 5.000 transaksi dengan aset hingga Rp500 miliar,” ungkap Djoko pada peresmian kolaborasi di Jakarta.

Bank DBS Indonesia melihat kolaborasi ini sebagai langkah penting untuk memperluas jangkauan nasabah, guna meningkatkan inklusi finansial di Indonesia. Berdasarkan riset YouGov pada 2023, sebanyak 27 persen masyarakat Indonesia dari segmen ritel telah beralih ke investasi untuk mengelola aset mereka. Di sisi lain, 41 persen masyarakat mengandalkan aplikasi online untuk mengakses layanan keuangan, yang menunjukkan pentingnya peran teknologi dalam dunia investasi.

Data dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) juga menunjukkan bahwa minat terhadap obligasi semakin meningkat. Saat ini, jumlah investor obligasi telah melebihi satu juta, dengan pertumbuhan tahunan sebesar lebih dari 21,4 persen sejak 2020. Djoko menyatakan bahwa obligasi menjadi pilihan menarik bagi investor karena menawarkan imbal hasil yang kompetitif, stabilitas harga, serta pembayaran bunga dan tanggal jatuh tempo yang tetap.

"Sejalan dengan tren positif di pasar investasi Indonesia, kami senantiasa berkomitmen untuk terus menghadirkan produk yang terkurasi sesuai profil risiko dan kebutuhan nasabah serta pengalaman bertransaksi, menabung, dan berinvestasi yang seamless melalui aplikasi Digibank by DBS," tambah Djoko.

Moduit, sebagai platform wealth management, memberikan solusi alokasi portofolio yang lengkap dengan berbagai produk investasi, termasuk reksa dana, saham, dan obligasi. Hingga kini, Moduit telah mendukung puluhan ribu nasabah individu dan institusi untuk mencapai tujuan finansial mereka. Edina Saputra, Chief of Development PT Moduit Digital Indonesia, menyatakan antusiasmenya terhadap kolaborasi ini.

“Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan Bank DBS Indonesia karena dengan ini, kami dapat melengkapi produk yang sudah ada sebelumnya dan memberikan solusi portfolio investasi yang lebih komprehensif kepada nasabah,” jelas Edina.

Mulai Oktober 2024, nasabah Moduit dapat mengakses produk obligasi pasar sekunder yang dikurasi oleh Bank DBS Indonesia melalui aplikasi Moduit, yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News