bank umum


Bank Sentral Tiongkok Meningkatkan Upaya Pemulihan Ekonomi

Standard Post with Image

bprnews.idBank sentral Tiongkok meningkatkan upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi, mengeluarkan lebih banyak uang tunai ke pasar karena data menunjukkan tanda-tanda baru yang menggembirakan bagi momentum pertumbuhan negara tersebut.

Dikutip dari The Business Times, Minggu, 17 September 2023, Bank Rakyat Tiongkok (PBOC) menambahkan dana bersih sebesar 191 miliar yuan ke dalam sistem keuangan melalui pinjaman kebijakan satu tahun pada hari Jumat, 15 September 2023.

Hal ini terjadi sehari setelah Bank sentral Tiongkok mengumumkan pemotongan persyaratan cadangan pemberi pinjaman, sebuah langkah yang menurut beberapa perkiraan dapat menghemat hingga 500 miliar yuan. Mereka juga menyuntikkan 34 miliar yuan melalui pinjaman pasar uang selama 14 hari.

Bank sentral mempertahankan biaya pinjaman fasilitas pinjaman jangka menengah (MLF), yang merupakan suku bunga kebijakan, tidak berubah pada 2,5 persen, setelah pemotongan mengejutkan sebesar 15 basis poin pada bulan lalu.

Rangkaian suntikan dana tunai yang diberikan oleh PBOC menunjukkan niat para pembuat kebijakan untuk memperkuat momentum pemulihan ekonomi, dengan data produksi industri hingga penjualan ritel pada bulan Agustus menunjukkan tanda-tanda perbaikan lebih lanjut.

Pelonggaran moneter terbaru dan indikator ekonomi yang optimis tampaknya telah menghidupkan kembali selera risiko di kalangan investor, mendorong kenaikan yuan dan imbal hasil utang pemerintah Tiongkok.

“Suku bunga MLF yang tidak berubah menunjukkan fokus kebijakan beralih dari harga uang ke dukungan yang lebih langsung melalui belanja fiskal dan injeksi likuiditas.” jelas dia Ahli strategi suku bunga di OCBC Frances Cheung.

Peningkatan likuiditas PBOC terjadi karena semakin banyak peluang baru yang muncul di negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut, dengan data yang menunjukkan aktivitas meningkat pada bulan Agustus. Hal ini menambah pemulihan kredit baru-baru ini dan mengurangi tekanan deflasi.

Dukungan pendanaan juga dapat dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan bank dalam memenuhi permintaan musiman yang timbul dari persyaratan peraturan, serta lonjakan penerbitan obligasi pemerintah daerah.

Dalam operasi pasar uang hari Jumat, PBOC juga memangkas suku bunga pinjaman jangka pendek sebesar 20 basis poin. Penurunan suku bunga dilakukan setelah pemotongan biaya pinjaman tujuh hari sebesar 10 basis poin pada bulan lalu.


“Tampaknya perekonomian telah mencapai titik terendahnya. Saya pikir hal terburuk bagi CNY mungkin sudah berlalu,” kata Kepala Ekonom Guotai Junan di Hong Kong Zhou Hao.

Dia memperkirakan para pengambil kebijakan akan memangkas suku bunga lebih lanjut dan mendorong langkah-langkah yang lebih mendukung pertumbuhan ekonomi.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News