bank umum


Bunga Kredit di Bank Merangkak Naik, Segmen Bank BUMN Masih Paling Murah

Standard Post with Image

BPRNews.id  -  Pada Juli 2024, suku bunga kredit baru mengalami kenaikan di tengah keputusan Bank Indonesia (BI) yang mempertahankan suku bunga acuan di level 6,25%, yang telah berlaku sejak April 2024. Selama empat bulan berturut-turut, BI tetap menjaga kebijakan moneter ini, meskipun terjadi peningkatan suku bunga kredit baru sebesar 13 basis poin menjadi 9,81%, naik dari 9,68% pada Juni 2024.

"Kendati demikian, kenaikan suku bunga kredit baru belum diikuti dengan kenaikan suku bunga tertimbang untuk kredit agregat, sejalan dengan berlanjutnya penyesuaian suku bunga kredit lama dan masih terbatasnya pencairan kredit baru," tulis Bank Indonesia dalam laporannya yang dikutip Minggu (25/8/2024).

Kenaikan suku bunga kredit baru ini terjadi secara bulanan dan terlihat juga pada tren kuartalan, meskipun suku bunga kredit agregat masih cenderung menurun. Hampir seluruh kelompok bank mengalami kenaikan suku bunga kredit baru, kecuali bank umum swasta nasional (BUSN). "Kenaikan suku bunga kredit baru pada mayoritas kelompok bank tergolong sejalan dengan peningkatan suku bunga Dana Pihak Ketiga (DPK) di bulan Juli 2024 yang mencapai 3,03% dari bulan sebelumnya 2,99%," lanjut BI.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News