Bisnis


CIMB Niaga 'Ngobiz', Dorong Digitalisasi UKM di Makassar

Standard Post with Image

BPRNews.id - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengadakan sesi diskusi inspiratif bertajuk Mimpi Ngobrolin Biznis (Ngobiz) dengan tema “Win the Market: Strategi Digital Marketing”pada Jumat, 6 Desember 2024. Acara ini menjadi wadah penting bagi para pengusaha muda untuk memperluas wawasan digital marketing, khususnya bagi pelaku UKM di Makassar dan sekitarnya.

Acara ini menghadirkan dua narasumber berpengalaman, yaitu Rayendra Abiyasa, CEO & Founder Fudgybro, dan Richie Wirjan, Venture Capitalist serta CEO & Co-founder Foundry. Kehadiran mereka menarik perhatian puluhan peserta yang terdiri dari nasabah dan calon nasabah CIMB Niaga, yang kebanyakan adalah entrepreneur muda.

Oktavin Datu M Sampetoding, Branch Area Head Indonesia Timur and Bali Nusra Region Area I CIMB Niaga, menjelaskan bahwa Ngobiz dirancang untuk memberikan wawasan strategis bagi UKM dalam memanfaatkan digital marketing. “Melalui materi yang disampaikan oleh narasumber berpengalaman, para pelaku UKM diharapkan mampu memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media yang dekat dengan customer,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya mengikuti tren lokal, berkolaborasi dengan influencer atau brand lain, serta aktif di media sosial untuk memperluas jangkauan pasar. “CIMB Niaga terus berkomitmen untuk menjadi mitra strategis nasabah dalam ekosistem perbankan bisnis yang komprehensif,” tambah Oktavin.

Untuk mendukung perkembangan bisnis UKM di Makassar, CIMB Niaga menawarkan berbagai solusi perbankan digital, termasuk melalui BizChannel@CIMB. Platform ini mempermudah pengelolaan keuangan, baik untuk kebutuhan Cash Management, Trade Finance, maupun Foreign Exchange.

Oktavin menyatakan, “Dengan platform ini, nasabah dapat memanfaatkan solusi pengelolaan keuangan perusahaan yang praktis dan komprehensif.”

Bagi kebutuhan perbankan individu, CIMB Niaga menyediakan layanan digital seperti OCTO Mobile dan OCTO Clicks, yang memungkinkan akses layanan kapan dan di mana saja. Sementara untuk para pemilik toko atau merchant, aplikasi OCTO Merchant mempermudah transaksi jual beli secara efisien.

Dalam sesi diskusi, Rayendra Abiyasa membagikan pengalamannya membangun Fudgybro dengan memaksimalkan media sosial. Ia mengungkapkan bahwa selama pandemi Covid-19, media sosial berperan signifikan dalam pertumbuhan bisnisnya.

“Jadi kalau dampak sosial media sangat besar, ada satu menu kita yang benar-benar menguasai TikTok hingga muncul 1000 orang up di TikTok yang menyebabkan brand kita naik daun. Kenaikan penjualan mencapai 2 hingga 3 kali lipat di 2020, tahun lalu naik 5 kali lipat,” ujarnya.

Rayendra juga memberikan saran bagi pebisnis pemula, “Penonton bukan hanya cari makanan, namun juga ingin terhibur. Brand kita bergerak di bidang makanan, dan kita pernah ikut di berbagai event termasuk di Makassar. Makassar jadi tempat dengan event paling ramai.”

Fudgybro yang fokus pada produk brownies dan cookies kini telah berhasil ekspansi dari Surabaya ke Bandung.

Melalui kegiatan Ngobiz ini, CIMB Niaga menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan UKM melalui edukasi dan solusi perbankan berbasis digital. Dengan strategi yang tepat dan dukungan teknologi, diharapkan para pengusaha dapat semakin kompetitif dan memenangkan pasar di era digital.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News