BPRNews.id - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mendukung pengusaha kecil dan menengah (UKM) di Makassar dengan mengadakan acara Kejar Mimpi Ngobrolin Biznis (Ngobiz) bertema "Win the Market: Strategi Digital Marketing" pada Jumat, 6 Desember 2024. Acara ini diadakan untuk membantu UKM meningkatkan potensi bisnisnya melalui pemasaran digital.
Branch Area Head CIMB Niaga untuk Indonesia Timur dan Bali Nusra Region Area I, Oktavin Datu M Sampetoding, membuka acara tersebut. Ia menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pelaku UMKM mengenai cara memanfaatkan media sosial secara efektif.
Narasumber, seperti CEO & Founder Fudgybro Rayendra Abiyasa, serta Venture Capitalist sekaligus CEO & Co-founder of Foundry Richie Wirjan, berbagi pengalaman dan strategi. Mereka menjelaskan pentingnya membuat konten yang menarik, memanfaatkan tren lokal, berkolaborasi dengan influencer, dan mengatur jadwal unggahan di media sosial untuk memperluas jangkauan pemasaran.
Rayendra Abiyasa mencontohkan kesuksesan produk "Pakibom" dari bisnisnya yang viral di TikTok. Strategi ini meningkatkan penjualan hingga dua hingga tiga kali lipat pada 2020, dan lima kali lipat di tahun berikutnya. "Konten yang bercerita dan menghibur adalah kunci agar pengunjung media sosial tertarik," ujarnya.
CIMB Niaga juga memperkenalkan berbagai layanan digital, seperti:
Vivin Sampetoding, Branch Area Head CIMB Niaga, menyatakan komitmen bank untuk menjadi mitra strategis UKM, baik melalui kantor cabang maupun platform digital. "Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Work From Heart, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah," ucapnya.
Rayendra juga menegaskan bahwa Makassar memiliki potensi besar dalam menciptakan produk usaha. Namun, menurutnya, tidak semua bisnis berhasil di media sosial. "Kami sudah menerapkan hal tersebut, ada satu menu kami yang benar-benar menguasai tiktok, namanya Pakibom, kenaikan penjualan kami dua sampai tiga kali lipat, di tahun 2020, dan tahun lalu naik lima kali lipat," katanya.
Melalui acara ini, CIMB Niaga berharap dapat membantu UMKM di Makassar memaksimalkan potensi bisnis mereka dengan strategi digital yang tepat.