BPR


BPR Bogor Jabar Kini Fasilitasi Pendaftaran dan Pembayaran Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Standard Post with Image

BPRNews.id - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Jakarta Ceger resmi menjalin kerjasama dengan PT Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Bogor Jabar (Perseroda) melalui sistem keagenan. Dengan adanya kolaborasi ini, BPR Bogor Jabar kini dapat memfasilitasi pendaftaran sekaligus pembayaran iuran bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

 

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit, Tetty Widayantie, mengungkapkan bahwa kerja sama dengan BPR Bogor Jabar ini ditujukan khusus untuk melayani pendaftaran dan pembayaran iuran bagi pekerja dari segmen informal atau bukan penerima upah (BPU). Menurut Tetty, untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi kelompok BPU, iuran yang diperlukan hanya sebesar Rp 36.800 per bulan.

 

"Iuran semurah itu mencakup tiga program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT). Manfaat JKK adalah pemenuhan seluruh kebutuhan medis peserta yang mengalami kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja sampai sembuh dan kembali bekerja. Manfaat ini tidak memiliki batas atas penjaminan alias unlimited," jelas Tetty.

 

Tetty menambahkan, peserta akan terus mendapatkan layanan pemulihan tanpa batas biaya dan waktu, serta tetap menerima gaji meskipun harus dirawat selama berbulan-bulan hingga sembuh. "Peserta terus diberikan layanan pemulihan tanpa ada batas biaya dan tanpa batas waktu serta tetap digaji jika dirawat berbulan-bulan sampai sembuh," ujar Tetty.

 

Selain itu, manfaat dari program JKM termasuk memberikan santunan kematian, santunan berkala, biaya pemakaman, dan beasiswa pendidikan untuk dua anak ahli waris. Dalam program ini, peserta juga menabung sebesar Rp20 ribu ditambah pengembangan dalam JHT.

 

Menurut Tetty, JHT menjadi program favorit bagi para peserta. "Sejauh ini hasil pengembangan JHT selalu berada di atas rata-rata bunga deposito perbankan komersial. Itulah kenapa peserta paling mengidamkan JHT," kata Tetty.

 

Program perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) untuk kelompok BPU ini, menurut Tetty, sangat menarik. Dengan iuran yang terjangkau, peserta bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa. "Ketika agen dapat menyampaikan program ini dengan baik, kami yakin pekerja di sektor BPU ini akan langsung menerima dan mendaftar menjadi peserta," tambah Tetty.

 

Tetty juga mengajak para mitra agen untuk turut serta dalam kampanye "Kerja Keras Bebas Cemas" atau sosialisasi untuk memperluas kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di sektor BPU. "Kami perlu bekerja sama dengan banyak pihak untuk menjangkau sektor BPU yang sangat banyak jumlahnya. Dengan semakin banyak kerja sama sistem keagenan ini, akan semakin banyak pekerja BPU yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan lebih mudah dalam pembayaran iuran," ungkap Tetty.

BPR
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News