BPR


OJK Bali Kerja Sama dengan ITSK, BPR Mampu Tingkatkan Kualitas Layanan

Standard Post with Image

BPRNews.id - Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bali, Kristrianti Puji Rahayu, menyampaikan bahwa sinergi antara Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dan penyelenggara Inovasi Teknologi Sektor Keuangan (ITSK) akan membawa lonjakan kualitas pelayanan industri jasa keuangan (IJK).

"Di Bali, sudah ada 40 BPR yang menjalin kerja sama dengan penyelenggara ITSK. Kolaborasi ini sangat mendukung peningkatan kinerja kredit dan penghimpunan dana pihak ketiga," ungkap Kristrianti di Denpasar, Senin.

Menurut Kristrianti, berinvestasi dalam inovasi teknologi dari awal adalah beban yang berat bagi BPR. Maka dari itu, memanfaatkan ekosistem teknologi yang sudah ada melalui kerja sama dengan penyelenggara ITSK menjadi pilihan yang lebih efisien. "Kolaborasi dan pembangunan ekosistem sangat penting untuk mengurangi biaya transaksi dan investasi. Jika terjadi perubahan dalam bisnis jasa keuangan, BPR tidak perlu memulai investasi dari nol lagi," jelasnya.

Kristrianti berharap jumlah BPR yang bekerja sama dengan ITSK akan terus bertambah, seiring dengan peningkatan kualitas layanan IJK. "Penciptaan produk-produk inovatif yang memberikan nilai tambah bagi IJK dan masyarakat akan meningkatkan inklusi keuangan," tambahnya.

Ia juga menyambut baik Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) di Bali dengan tema "Mengoptimalkan Peran Inovasi Teknologi Sektor Keuangan (ITSK)". Forum ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan industri keuangan yang lebih inklusif, inovatif, dan berkelanjutan.

Sebelumnya, Hasan Fawzi, Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto (IAKD) OJK, dalam kegiatan FKIJK menyatakan bahwa optimalisasi peran ITSK akan mempercepat integrasi ekonomi keuangan digital ke dalam perekonomian Indonesia. "Sinergi ini juga mendukung startup Indonesia yang inovatif dan kompetitif, memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan lembaga jasa keuangan," ujarnya.

"Penyelenggaraan FKIJK ini diharapkan menjadi kolaborasi nyata dari semua pemangku kepentingan untuk mengakselerasi adopsi teknologi informasi dalam inovasi digital dan ITSK," tambah Hasan Fawzi.

Dengan adanya langkah-langkah strategis ini, BPR di Bali siap untuk mengambil peran lebih besar dalam perekonomian digital, memberikan layanan yang lebih baik, dan menjawab tantangan era modernisasi keuangan.

 

BPR
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News