Bisnis


Bank Permata Siap Cicipi Manisnya Bisnis Paylater, Bosnya Kasih Bocoran

Standard Post with Image

BPRNews.id - Layanan "buy now, pay later" (BNPL) atau paylater masih dianggap sebagai peluang emas bagi perbankan untuk memperluas pangsa pasar, terutama dalam menjangkau generasi milenial yang aktif menggunakan platform digital.

Salah satu yang tidak ingin ketinggalan adalah PT Bank Permata Tbk (BNLI). Bank ini bersiap memasuki bisnis paylater, bergabung dengan beberapa bank besar yang sudah lebih dulu menawarkan layanan serupa.

Division Head of Digital Business Permata Bank, Riga Sunkara, menyampaikan bahwa pengembangan layanan paylater menjadi salah satu prioritas yang akan segera mereka hadirkan.

"Tentunya semua feedback masukan, mungkin paylater salah satunya kita akan jadikan pengembangan selanjutnya ya," ujar Riga, Jumat, 11 Oktober 2024.

Meski belum menyebutkan target pasti peluncuran, Riga optimistis bahwa layanan paylater ini akan disambut baik oleh nasabah Bank Permata. "Secepat mungkin ya (peluncurannya)," tambahnya.

Layanan paylater tengah menjadi tren yang diminati banyak bank, termasuk bank berkapitalisasi besar seperti BCA dan Mandiri yang sudah lebih dahulu menggarap segmen ini.

PT Bank Central Asia (BCA) mencatat peningkatan kinerja paylater mereka dengan outstanding mencapai Rp250 miliar hingga Juni 2024. Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, menjelaskan bahwa layanan ini dirancang untuk nasabah yang belum memenuhi syarat mendapatkan kartu kredit, sehingga tidak menggerus pasar kartu kredit.

Jahja juga menekankan bahwa paylater BCA hadir untuk membantu konsumen yang menghadapi keterbatasan arus kas atau saldo tunai di rekening mereka.

Sementara itu, Bank Mandiri resmi meluncurkan Livin’ Paylater pada Desember 2023. Layanan ini menjadi solusi bagi nasabah untuk mengelola arus kas dengan lebih mudah, termasuk dalam pembelian barang atau jasa.

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri, Aquarius Rudianto, menjelaskan bahwa Livin’ Paylater menawarkan nilai tambah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, terutama bagi mereka yang eligible.

Tak ketinggalan, PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) juga memanfaatkan tren paylater. CIMB Niaga sudah menghadirkan fasilitas ini di kartu kredit mereka, yang memungkinkan nasabah mengubah tra nsaksi ritel minimum Rp300.000 menjadi cicilan 0 persen selama 3 bulan melalui Octo Mobile.

"Dari mulai tabungan, paylater, kartu kredit, e-money seluruhnya ada di satu aplikasi. Hal ini akan memudahkan nasabah supaya tidak lupa membayar tagihan secara auto debet," ungkap Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Noviady Wahyudi.

Dengan bergabungnya Bank Permata ke dalam tren ini, paylater diprediksi akan terus tumbuh sebagai solusi praktis yang memberikan kemudahan finansial bagi para nasabah di era digital.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News