bank umum


Digital Bank Summit 2024 Menggebrak Masa Depan Perbankan Digital di Era Transformasi

Standard Post with Image

BPRNews.id - Pada acara Digital Bank Summit 2024, Wakil Ketua Umum II AFTECH Aldi Haryopratomo menyampaikan bahwa perbankan digital kini merupakan bagian integral dari ekosistem keuangan Indonesia. Menurut Aldi, sektor ini telah melampaui status tren dan menjadi komponen penting dari sistem keuangan. AFTECH bertekad untuk terus memperkuat advokasi kebijakan, meningkatkan kolaborasi antara fintech dan perbankan, serta mengutamakan keamanan data.

Aldi menekankan “bahwa kolaborasi antara fintech dan bank digital sangat penting untuk menjangkau masyarakat yang belum memiliki akses ke layanan keuangan atau yang kurang terlayani”ujarnya.Sinergi ini tidak hanya meningkatkan inklusi keuangan tetapi juga mendorong inovasi produk jasa keuangan, yang dapat memperdalam pasar keuangan di Indonesia.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung menambahkan bahwa Bank Indonesia sebagai regulator mendukung inovasi yang bertanggung jawab dan penguatan keamanan siber. Peningkatan signifikan dalam transaksi digital banking, dengan pertumbuhan 34,49% menjadi 5.363 juta transaksi, menunjukkan bahwa regulasi dan pengawasan yang efektif dapat memperkuat ekosistem perbankan digital. Juda Agung juga menggarisbawahi perlunya kebijakan proaktif, penguatan infrastruktur digital, regulasi yang adaptif, serta edukasi dan literasi keuangan digital untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menggunakan layanan dengan bijak.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Mirza Adityaswara menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang transformasi perbankan digital di Indonesia. Mirza menyatakan bahwa kerjasama antara regulator, perbankan, dan teknologi harus mengutamakan tata kelola, manajemen risiko, dan perlindungan konsumen. OJK berkomitmen untuk memperkuat kerangka regulasi yang fleksibel guna mendukung inovasi dan pertumbuhan sektor perbankan digital.

Digital Bank Summit 2024 juga menghadirkan empat panel diskusi yang membahas berbagai aspek transformasi digital. Panel pertama fokus pada pentingnya inovasi digital untuk inklusi keuangan, panel kedua mengkaji strategi dan tantangan dalam transformasi digital perbankan, panel ketiga mengeksplorasi tren terbaru dalam sistem pembayaran digital, dan panel keempat membahas penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam mendeteksi dan mencegah penipuan pembayaran digital.

Penyelenggaraan Digital Bank Summit 2024 bertujuan untuk memperkuat regulasi yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan menekankan keamanan siber sebagai prioritas. Acara ini diharapkan dapat membantu membangun ekosistem perbankan digital yang aman, inklusif, dan berkelanjutan, serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan keuangan yang sehat di Indonesia

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News