bank umum


ISEI Ekonomi RI 10 tahun terakhir termasuk yang terbaik di dunia

Standard Post with Image

BPRNews.id  - Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sekaligus Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengungkapkan bahwa perekonomian Indonesia selama 10 tahun terakhir menunjukkan kinerja yang sangat baik. Dalam Kongres ISEI XXII di Surakarta, ia mencatat, “Rata-rata pertumbuhan kita itu di atas 5 persen. Ini salah satu yang terbaik di dunia.”

Walaupun mengalami penurunan pada 2020 dan 2021 akibat pandemi COVID-19, Perry menjelaskan bahwa Indonesia berhasil mempertahankan pertumbuhan di kisaran 5,0-5,3 persen di tahun-tahun lainnya. Ia optimis, “Tahun ini insya Allah bisa 5,1 persen dan tahun depan 5,2 persen.”

Inflasi Indonesia juga terjaga dengan baik. Perry menegaskan, “Sebelum 2013, Indonesia pernah mencetak laju inflasi hingga 10 persen. Namun, dalam 10 tahun terakhir ini, inflasi berhasil diturunkan ke level 2-5 persen.” Ia menekankan pentingnya menjaga inflasi rendah untuk kesejahteraan masyarakat.

Di bidang transaksi berjalan, meskipun sering mengalami defisit, Indonesia mencatat surplus pada 2021 dan 2022 berkat hilirisasi dan peningkatan ekspor. Perry menyatakan bahwa defisit fiskal juga menunjukkan perbaikan, dengan APBN yang sempat menembus 6,1 persen pada 2020 kini berhasil ditekan di bawah 3 persen pada 2022, dan ia menegaskan, “Indonesia adalah salah satu contoh terbaik bagaimana koordinasi moneter, fiskal, dan stabilitas makroekonomi menjadi dasar untuk bisa bertumbuh.”

Selain itu, tingkat pengangguran menurun dari 5,8 persen menjadi 5,3 persen, dan tingkat kemiskinan juga berkurang dari 11 persen menjadi 9,4 persen. Perry menambahkan, “Artinya, tidak hanya stabilitas makro, tetapi perlindungan dan keadilan sosial itu juga terus dilakukan dengan baik.”

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News