UMKM


Indibiz Tawarkan Solusi Digital Terintegrasi untuk UMKM dan Sektor Keuangan

Standard Post with Image

BPRNews.id - Memperingati usia PT Telkom Indonesia Tbk yang ke-60 tahun ini, Indibiz, anak usaha emiten berkode saham TLKM, merayakan ulang tahun pertamanya. Dalam kurun waktu satu tahun, Indibiz telah sukses memperkuat solusi digital untuk sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia, dengan mencakup tujuh sektor berbeda melalui platformnya. Sektor-sektor tersebut meliputi pendidikan melalui Indibiz Sekolah, F&B dan ritel melalui Indibiz Ruko, keuangan melalui Indibiz Multifinance, serta perhotelan dan hospitality melalui Indibiz Hotel.

Selain itu, Indibiz juga menyentuh sektor kesehatan melalui Indibiz Health, energi dan pertambangan melalui Indibiz Energi, serta logistik dan transportasi melalui Indibiz Ekspedisi. Selama tahun pertama operasinya, Indibiz berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar sekitar 17% year-on-year pada segmen SME Telkom.

Salah satu sektor yang menunjukkan pertumbuhan pesat adalah Indibiz Multifinance, yang fokus pada digitalisasi layanan keuangan di Bank Perkonomian Rakyat (BPR) dan BPR Syariah. Menurut data Otoritas Jasa Keuangan, terdapat 1.557 BPR dan BPRS hingga Juni 2024. Digitalisasi di sektor jasa keuangan tidak hanya mempermudah operasional bisnis, tetapi juga memperkuat kepercayaan nasabah.

Kemudahan transaksi dan interaksi yang lebih dekat antara nasabah dan BPR di era digital sangat krusial. Indibiz menawarkan berbagai solusi, seperti Finpay yang memfasilitasi penerbitan QRIS untuk pelaku usaha. Platform ini juga membantu UMKM dalam penerbitan QRIS dan invoice digital serta menyediakan solusi untuk pengingat dan koleksi tagihan melalui pesan singkat atau mesin EDC.

"Kami menargetkan untuk menjangkau 50 BPR baru tahun ini, sementara saat ini kami telah menangani 100 BPR," ujar Gurnita Koncar, Indibiz Multifinance Guardian, pada Sabtu (27/7).

Digitalisasi jelas meningkatkan efisiensi operasional. PT Telkom Indonesia berkomitmen untuk mendukung UMKM yang berkontribusi signifikan terhadap produk domestik bruto (PDB) dengan berbagai solusi digital. Tantangan utama saat ini adalah rendahnya tingkat adopsi digital.

"Kami siap mendukung UMKM dengan berbagai solusi, termasuk akses keuangan, standar operasional, halal, dan regulasi," ungkap FM Venusiana R., Direktur Enterprise and Business Service Telkom. Di Indibiz juga tersedia marketplace yang terhubung dengan PADI UMKM, menawarkan platform tambahan untuk pengembangan bisnis UMKM.

 

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News