BPR


Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis Deposito, Komunal BPR Fair Targetkan Peningkatan Dua Kali Lipat

Standard Post with Image

bprnews.id - Deposito BPR by Komunal kembali menyelenggarakan pameran deposito bertajuk Komunal BPR Fair.

Melalui acara yang kedua ini, diharapkan pertumbuhan bisnis deposito dapat meningkat hingga dua kali lipat.

Tahun lalu, Komunal BPR Fair sukses menjaring produk deposito mencapai Rp 36 miliar dalam lima hari penyelenggaraannya. Kali ini, diharapkan sukses menjaring deposito masyarakat sebanyak Rp 50-60 miliar, ungkap Co-Founder & CEO Komunal Hendry Lieviant dalam konferensi pers di Central Park Mall, Jakarta Barat, pada Kamis (26/9/2024).

DepositoBPR by Komunal merupakan aplikasi marketplace pertama dan satu-satunya yang khusus menawarkan produk Deposito BPR di Indonesia.

Hendry menyatakan bahwa sebagai ‘rumah’ bagi 370 BPR/BPRS yang tersebar di seluruh tanah air, DepositoBPR by Komunal menawarkan pilihan investasi yang aman dan berisiko rendah, karena simpanan dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) hingga Rp 2 miliar per nasabah per akun bank.

Dengan tingkat suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan bank umum, yaitu sebesar 6,75 persen, DepositoBPR by Komunal tahun 2024 telah mendapatkan rekomendasi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan nomor S-272/IK.01/2024.

Saat ini, DepositoBPR by Komunal memiliki sekitar 370 BPR yang berpartisipasi, dan tahun ini ditargetkan meningkat menjadi 400 BPR.

Sementara itu, sebanyak 150 ribu downloader telah mengakses DepositoBPR by Komunal, yang juga ditargetkan naik menjadi 200 ribu tahun ini.

“Tapi tahun ini, kami menargetkan anggota BPR/BPRS yang tergabung menjadi 400 BPR. Namun bakal difokuskan di luar Pulau Jawa, karena 80 persen dari 300 BPR bersama Komunal ini didominasi dari BPR Pulau Jawa,” ujar Hendry.

Tidak hanya itu, dalam menyambut tahun 2025, fokus kami adalah memperluas akses digitalisasi BPR agar mampu menyerap lebih banyak nasabah, terutama di kota-kota tier 2 dan 3.

“Selain itu kami juga berkomitmen meningkatkan literasi keuangan di berbagai lapisan masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi kami untuk mendorong pertumbuhan inklusi keuangan yang lebih masif lagi di Indonesia,” kata Hendry.

Hendry meyakini bahwa pertumbuhan produk deposito akan terus meningkat, mengingat potensi deposito di BPR yang masih belum tergarap secara maksimal.

“Total Assets under management (AUM) di DepositoBPR by Komunal mencapai Rp 2 triliun dari Rp 200 triliun. Ibaratnya, Rp 2 triliun ini hanya 1 persen dari market share yang dapat digarap,” jelasnya.

Ia berharap, event Komunal BPR Fair akan menjadi katalis bagi masyarakat yang selama ini hanya melihat secara online untuk bisa melihat produk deposito BPR secara langsung. Ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan deposito BPR secara keseluruhan.

“Tak hanya menjadi kompetisi, tetapi juga menjadi pionir pertumbuhan deposito BPR,” tambah Hendry.

Co-Founder & CFO Komunal Kendrick Winoto menjelaskan, berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya, Komunal BPR Fair kali ini juga menghadirkan Kelas Finansial dengan berbagai financial expert, termasuk Ken Handersen selaku pendiri Gaterich, serta Samuel Ray dan Doddy Prayogo sebagai financial content creator.

“Dengan suksesnya pelaksanaan Komunal BPR Fair sebelumnya, kami berharap kegiatan ini dapat menarik perhatian masyarakat secara lebih luas lagi,” ujar Kendrick.

Lebih dari itu, pihaknya ingin memberikan pengalaman yang tidak hanya edukatif tetapi juga menyenangkan bagi pengunjung dan deposan dengan suasana yang lebih meriah, termasuk tambahan tenant F&B, talkshow eksklusif, serta berbagai hadiah menarik.

Melalui Komunal BPR Fair, DepositoBPR by Komunal berkomitmen untuk terus memperkuat layanan perbankan digital yang inovatif dan mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Menyongsong tahun 2025, Komunal berencana memperluas kemitraan dengan lebih banyak BPR di seluruh Indonesia, sambil terus meningkatkan edukasi finansial kepada deposan, tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Komisaris Komunal Peter Jacobs menegaskan bahwa Komunal BPR Fair kali ini merupakan ajang penting untuk menekankan peran BPR dalam membangun ekonomi nasional yang lebih kuat.

Tema ‘BPR Kuat, Indonesia Hebat’ selaras dengan semangat Hari Pelanggan Nasional. Pihaknya ingin memberikan penghargaan kepada para nasabah yang telah mendukung pertumbuhan industri BPR.

“Kami percaya bahwa dengan BPR yang semakin tangguh, ekonomi Indonesia pun akan semakin kokoh,” ungkap Peter.

Komunal BPR Fair diselenggarakan selama lima hari, dari 25 hingga 29 September 2024, berlokasi di Atrium Laguna, Central Park Mall, Jakarta Barat, dengan mengangkat tema ‘BPR Kuat, Indonesia Hebat.’

Tema ini dipilih untuk merayakan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September setiap tahunnya.

Penyelenggaraan kedua Komunal BPR Fair kali ini diikuti oleh tujuh mitra BPR dari DepositoBPR by Komunal, antara lain BPR Daya Perdana Nusantara, BPR Nusumma Jatim, BPR Varia Centralartha, BPR Artatama, BPR Suryajaya Kubutambahan, BPR Kirana, dan BPR Bank Jombang Perseroda.

Seluruh BPR peserta nantinya akan memiliki kesempatan untuk memperkenalkan profil masing-masing mitra BPR serta membahas berbagai topik yang berkaitan dengan keuangan inklusif dan strategi pengembangan industri BPR.

Setiap sesi talk show menjadi peluang bagi BPR peserta untuk berinteraksi langsung dengan calon deposan dan masyarakat umum, memberikan edukasi tentang pentingnya investasi yang aman dan menguntungkan melalui produk deposito BPR.

BPR
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News