REGULATOR


Rinciannya, Simpanan Bank Umum Indonesia Dominasi oleh Nasabah Tajir dan Jenis Deposito

Standard Post with Image

BPRNews.id - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melaporkan bahwa mayoritas simpanan berada pada nasabah dengan tiering di atas Rp 5 miliar, yang mencakup 54,0% dari total simpanan.

Dalam laporan Distribusi Simpanan Bank Umum LPS, total nominal simpanan Bank Umum pada Juni 2024 mencapai Rp 8.773 triliun, meningkat 0,19% secara bulanan atau Month on Month (MoM). Berdasarkan jenis simpanan, Deposito menjadi yang paling dominan dengan porsi 36,3% dari total simpanan.

Kenaikan tertinggi dalam nominal simpanan terjadi pada jenis Tabungan, yang naik sebesar 1,4% MoM. Sebaliknya, Deposito On Call mengalami penurunan terbesar, yaitu sebesar 19,8% MoM.

Dilihat dari tiering simpanan, simpanan terbesar ada pada tiering di atas Rp 5 miliar, mencakup 54,0% dari total simpanan, dengan pertumbuhan 11,6% secara tahunan atau year on year (YoY). Kenaikan nominal simpanan tertinggi terdapat pada tiering Rp 1 miliar - Rp 2 miliar, yang meningkat 0,9% MoM.

Total rekening simpanan Bank Umum pada Juni 2024 mencapai 584,18 juta rekening, naik 0,91% MoM. Jenis Tabungan mendominasi jumlah rekening dengan 98,1% dari total rekening simpanan.

Pertumbuhan jumlah rekening tertinggi terjadi pada Deposito On Call dengan kenaikan sebesar 10,1% MoM. Sebaliknya, simpanan Giro mengalami penurunan terbesar, yakni sebesar 2,9% MoM.

Berdasarkan tiering simpanan, jumlah rekening terbanyak berada pada tiering simpanan hingga Rp 100 juta, mencakup 98,8% dari total rekening simpanan. Semua tiering simpanan mengalami peningkatan jumlah rekening dibandingkan bulan sebelumnya, dengan kenaikan tertinggi pada tiering Rp 500 juta - Rp 1 miliar, sebesar 1,0% MoM.

 

lps
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News