bank umum


Tingkatkan Pengawasan Perbankan, OJK Perkuat Kerja Sama dengan Hong Kong Monetary Authority

Standard Post with Image

BPRNews.id -  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Hong Kong Monetary Authority (HKMA) telah sepakat untuk memperluas kerja sama internasional dalam pengawasan perbankan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) terkait "Mutual Cooperation in Banking Supervision."

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan secara virtual oleh Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, dan Deputy Chief Executive HKMA, Arthur Yuen, pada akhir pekan lalu.

"Kerja sama dalam pengawasan bank dengan HKMA diharapkan semakin kuat, termasuk kemungkinan penyelenggaraan supervisory college," kata Dian, sebagaimana disampaikan dalam pernyataan resmi pada Selasa (13/8).

Ia juga menambahkan bahwa kerja sama ini akan meningkatkan kapasitas pegawai kedua lembaga melalui knowledge exchange, pelatihan, serta pertukaran staf, yang akan membantu memperkuat kapabilitas dalam pengawasan perbankan.

Ruang lingkup kerja sama formal dalam pengawasan perbankan yang disepakati meliputi pertukaran informasi, Anti Pencucian Uang/Pencegahan Pendanaan Teroris (APU/PPT), pemeriksaan di lokasi (on-site examination), manajemen krisis, serta pengembangan kapasitas (capacity building).

Diketahui bahwa saat ini terdapat dua bank Indonesia yang memiliki Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) di Hong Kong, yaitu Bank Mandiri (IDX: BMRI) dan Bank Negara Indonesia (IDX: BBNI). Selain itu, Bank Central Asia (IDX: BBCA) dan Bank Rakyat Indonesia (IDX: BBRI) juga memiliki kantor perwakilan di Hong Kong.

Di sisi lain, beberapa bank dari Hong Kong, seperti HSBC, juga memiliki operasi di Indonesia.Selama ini, hubungan antara OJK dan HKMA telah berjalan dengan baik, termasuk melalui  knowledge exchange tentang keamanan siber secara virtual pada awal 2024. Dengan adanya MoU ini, diharapkan OJK dan HKMA dapat terus memperkuat kerja sama dan sinergi dalam pengawasan perbankan di kedua yurisdiksi

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News